Thursday, November 13, 2014

the formerly great alexander family

the formerly great alexander family
susan shreve
tambourine books, 1995
91 halaman


kamis 13/11 (11:27 am)

bagaimana ketika suatu hari ayah dan ibu kalian menyampaikan berita bahwa mereka ingin bercerai? apakah kalian bisa menerimanya dengan lapang dada? ataukah berita itu bagaikan petir yang menyambar di siang hari?

tanyakan pada liam bagaimana rasanya. keluarga alexander adalah keluarga yang menjadi panutan di tempat mereka tinggal. teman2 liam selalu senang berkumpul di rumahnya karena di sana mereka bisa bebas dan tidak terikat peraturan yang ketat seperti yang diterapkan oleh orangtua2 teman2nya yang lain. ditambah lagi papanya liam juga bisa membaur dengan baik dengan teman2 liam.

karenanya liam sama sekali tidak menyangka papa dan mamanya memutuskan untuk berpisah. ia tidak menyadari bahwa lemari baju ayahnya di kamar tidur kedua orangtuanya itu telah kosong, tidak ada satu potong pakaian pun yang tersisa. bagaimana mungkin selama ini ia sama sekali tidak memiliki petunjuk?

sejak hari di mana kedua orangnya mengumumkan perpisahan mereka, sejak itu pula liam menarik diri dari pergaulannya, beruntung kala itu sedang liburan musim panas hingga ia tidak harus bertemu dengan teman2nya setiap hari. ada saja alasan yang dikemukakan liam setiap temannya mengajak ketemuan, mulai dari ada sepupunya yang datang menginap hingga ia harus menemani sepupunya itu sampai dengan ia sendiri yang pergi ke tempat neneknya di kota lain. pokoknya sebisa mungkin ia membatasi kontak dengan teman2nya dan menutup rahasia itu rapat2.

sialnya justru kakak perempuannya yang membuka mulut dan mengabarkan perpisahan kedua orangtuanya ke salah satu teman liam ketika mereka bertemu. haduhh.. mau ditaruh di mana muka liam? dan bisakah hubungannya dengan sang ayah pulih seperti sediakala? sejak ayahnya keluar dari rumah dan memilih tinggal di apartemen, liam memang menghindari ayahnya.

bagaimana kelanjutan hidup liam? bisakah ia kembali menjalani hari2nya dengan 'normal' walaupun kini kedua orangtuanya tidak lagi hidup seatap? wajarkah kekuatirannya akan teman2nya yang sepertinya akan memperlakukannya berbeda karena kedua orangtuanya bercerai? luangkan waktu untuk mencari tahu jawabannya dalam buku yang hanya setebal 91 halaman ini.

gua belum pernah ada dalam posisi liam jadi ngga tahu persis apa yang akan gua rasakan andai gua ada dalam posisinya. namun sekarang ini ada banyak anak2 yang berada dalam posisi liam, terlebih dari waktu ke waktu sepertinya angka perceraian makin membumbung tinggi tiap tahunnya, kondisi yang mengkuatirkan.

dan seperti yang pernah dibahas di oprah, sedikit banyak ketika orangtua bercerai.. sang anak akan merasa mungkin ada yang salah dengan kelakuannya hingga papa dan mamanya merasa tidak sanggup lagi untuk tinggal bersama.

oh, liam.. dan juga yang lainnya yang berada dalam posisi yang sama.. yang sabar ya.. 

kamis 13/11 (11:45 am)

2 comments:

  1. Replies
    1. iyaa.. apalagi kalau sambil ngebayangin di usia se-liam harus mengalami hal itu, duhh..

      Delete

~.thank you for coming.~