Friday, November 7, 2014

top 10 memorable books

 
picture is taken from here 


jumat 7/11 (10:28 am)

udah dari bulan september dapat 'tag' ini dari Via, huahahaha.. tapi apa daya baru hari ini bisa memposting 10 buku yang 'berkesan'.

naahh.. kalau hanya boleh milih 10 buku aja, jadi bingung juga nih milihnya, hahaha.. mari mari dicoba aja dhe :p

note : all pictures are taken via goole images, using keyword the title of the book(s).

~.*.~

ronya anak penyamun

 

mungkin yang suka mampir ke sini udah tau kalau enid blyton itu pengarang fave gua (ya iya laahh.. 'review' buku di blog ini aja sebagian besar bukunya enid XD) tapi sejauh ini kalau harus meng-klaim satu my all time fave book (di luar komik ya, ngga tau kenapa secara sadar ngga sadar gua selalu 'memisahkan' antara komik dan buku cerita :p), gua akan menjawab "ronya anak penyamun"-nya astrid lindgren.

why ronya? why not? haha.. ronya itu ibarat apa ya? membukakan pintu bagi gua untuk 'mengintip' sekilas kehidupan yang jauh berbeda dari hidup yang gua jalani. ronya dibesarkan di hutan, tempat yang bahkan belum pernah gua sambangi (kecuali kalau hutan kota deket rumah masuk dalam kategori hutan :p). dengan segala dinamika kehidupannya sebagai anak penyamun (in a fun way karena rasanya kehidupan 'sesungguhnya' kayanya ngga menyenangkan seperti yang digambarkan di buku kali ye, ngga tau juga sih :D), ronya mengedepankan banyak hal. mulai dari persahabatannya dengan anak 'musuh' bebuyutan orangtuanya, hingga perselisihan turun temurun yang udah ngga jelas lagi ujung pangkalnya tapi 'dilanjutkan' hanya demi 'tradisi'.

membaca ronya membuat terhanyut akan pesona hutan dengan keliarannya sekaligus kealamiannya. ronya meneriakkan aroma kebebasan. ahh, pokoknya ya buku ini salah satu dari sedikit buku yang udah gua baca berulang2 padahal gua kadang suka males baca ulang buku, hahaha.. dan gua juga ngga terlalu merasa terganggu walau udah sering baca ulang tapi kadang masih suka lupa ama nama sahabatnya ronya itu XD

~.*.~

 topeng kaca


"topeng kaca" adalah komik berseri karya suzue miuchi yang pertama terbit sekian puluh tahun silam (lupa tepatnya tahun berapa, kalau ngga salah sih 1976) dan hebatnyaa.. sampai saat ini masih belum tamat donks, huahahahaha.. yang lebih hebat lagii.. masih banyak juga yang menantikan dengan kesabaran tingkat tinggii akan kelanjutan kisah cinta masumi-maya, upss.. maksudnya perjuangan maya untuk mendapatkan peran sebagai bidadari merah.

ngga bisa dipungkiri kalau kisah percintaan antara maya and her "daddy long legs"-nya itu sedikit banyak mulai menjadi 'bumbu' utama dari komik ini. siapa yang ngga gregetan bahwa di kala keduanya mulai menyadari ada benih2 cinta dalam hati masing2, adaa aja hambatan bagi mereka untuk bisa bersama, ugghh.. sebel dhe aww.. apalagi ama si shiori yang sejak awal kemunculannya selalu digadang2 sebagai wanita berparas cantik dengan kepribadian yang lembut dan menawan dan jangan lupa dia ini cucu kesayangan pengusaha besar yang jaringan usahanya itu ada di berbagai macam bidang. maksudnya yee.. dengan 'kualifikasi' seperti ituu.. kasarnya putus dari masumi mah pasti banyak kok pria2 lain yang mau antri demi mendapatkannya! jadi please dhe aww, shiorii, jangan gangguin masumii.. masumi itu 'diciptakan' suzue hanya untuk maya! (ehh, bener khan yaa, suzue?! XD).

apa yang menjadi daya tarik "topeng kaca"? jalinan ceritanya yang kuat dan perjuangan maya yang bertampang biasa2 aja tapi kalau udah di atas panggung, dia bisa menyelami karakter yang diperankannya hingga teman2 dekatnya sekalipun tercengang melihat aksi panggungnya. ke mana gadis kecil yang pemalu itu? apa dia orang yang sama dengan yang sedang berakting di panggung?!

~.*.~

 candy candy

 

biar saja biaaarr.. wajahku beginiii.. tak peduli oh tak oh tak perlu kutangisiii.. akulah anak nakal anak nakal, berlari lari ke sana siniii.. karena akuuu.. sebab akuuu.. memang aku candyy!!

hahaha.. ada yang familiar ngga sama 'lagu' di atas? itu lagu pembuka serial candy2 yang dulu pernah tayang di rcti :D candy candy bisa dibilang generasi awal dari komik terjemahan yang terbit di indonesia. kala itu, buat pencinta komik pasti tahu yang namanya candy2 karenanya bisa dibilang komik ini melengang tanpa saingan :))

hal yang menarik dari candy candy salah satunya adalah kehadiran anthony yang walaupun hanya singkaaaaat sekali, tapi keberadaannya itu lumayan lama mengendap di hati pembaca serial ini. siapa sih yang ngga kepincut ama anthony yang cocok banget dengan image pangeran? duhh.. mungkin gara2 anthony juga gua jadi mengidentikkan kalau pangeran berkuda itu ya nunggangnya kuda putih, haha :p

biar gimana yang pertama itu memang selalu meninggalkan kesan yang lebih ya, demikian juga candy2 yang mungkin merupakan komik pertama yang gua baca, mungkin ya, hahaha.. gua ngga terlalu inget juga sih :p


~.*.~

anak2 liar


"those dreadful children" atau yang diterjemahkan gramedia menjadi "anak-anak liar" adalah salah satu cerita lepas yang ditulis enid yang menjadi kesukaan gua. betapa tidak, cerita yang mengedepankan tentang keluarga ini memang menarik untuk dibaca. semoga gua ngga salah buku ya, haha, tapi ada satu part yang menarik dari buku ini.. ketika ibu dari anak2 liar itu sakit lalu sang kakak tertua mengadakan 'perjanjian' dengan Tuhan, bahwa kalau ibunya baik maka ia akan berubah tapi lalu diingatkan bahwa bukan begitu cara kerja ketika 'negosiasi' dengan Tuhan. karena Tuhanlah sang pemberi kehidupan maka apapun yang menjadi kehendakNya ya kita harus menerimanya walau mungkin bertentangan dengan apa yang kita harapkan. namun demikian bukan berarti kita tidak melaksanakan apa yang menjadi janji kita di hadapanNya.

naahh.. sambil menuliskan yang di atas, gua jadi mikir2, bener ngga ya adegan itu dari buku "anak2 liar", hahaha.. atau itu dari buku "rumah di ujung jalan"? atau dari "rumah beratap merah"? yahh.. pokoknya salah satu dari ketiga buku yang gua sebutkan itu lah XD

~.*.~

harry potter & goblet of fire

 

bukan semua buku harry potter lho ya, tapi secara spesifik buku keempat dari serial harry potter? kenapa gua memilih "harry potter and the goblet of fire"? karenaa.. bisa dibilang ini buku harpot pertama yang gua baca dalam bahasa inggris, hasil 'provokasi' guru les gua, haha :p awalnya gua males baca yang english karena khan tebeeel ya boo.. ditambah lagi in english pulaa.. kapan kelarnyaa! tapi lalu guru les gua bilang gini, "itu khan buku anak2 jadi pasti bahasanya ngga ribets, pasti ngerti laahh!", nah.. efek perkataan tuhh.. gua jadi beli yang english terus mulai baca, kayanya 2 hari kelar dhe, masih tergolong lama sih, haha.. tapi buat gua itu sebuah 'prestasi' :))

secara keseluruhan cerita di buku keempat ini juga menarik and sediiiiiih bangets pas cedric meninggal, hikss.. dipikir2.. harry potter emang fenomenal tapi somehow.. gua ngerasa buku2nya enid lebih meninggalkan kesan mendalam buat gua ^o^

~.*.~

the murder of roger ackroyd

 

bagaimana buku ini ngga meninggalkan kesan? setelah sekian lama enid menjadi pengarang favorit gua satu2nya, ehh selesai membaca "the murder of roger ackroyd", gua pun 'menobatkan' agatha christie sebagai pengarang fave gua lainnya mendampingi enid, haha :))

ngga ngerti juga sih kenapa jadi kepincut ama agatha ya.. mungkin karena agatha mewakili genre lain dari yang diusung enid.. walaupun enid juga punya genre misteri tapi agatha lebih 'mengkhususkan' diri pada pembunuhan dan segmen pembacanya juga lebih ke pembaca dewasa, nah jadi serasa 'pas' aja githu.. walau gua hanya punya 2 pengarang favorit tapi keduanya udah lumayan mencakup beragam cerita.

 ~.*.~

pasukan mau tahu


jauh sebelum mengenal lima sekawan, gua udah terlebih dulu kepincut sama pasukan mau tahu. rasanya menyenangkan sekaligus menegangkan mengikuti penyelidikan yang dilakukan fatty dan kawan2. walaupun tahu in the end-nya pasti mereka berhasil memecahkan misterinya, tetap saja menarik mengikuti liku2 yang harus dilalui anak2 remaja ini, belum lagi keisengan mereka menjahili pak goon si ayo pergi itu :))

~.*.~

popcorn


dari sekian banyak komik yang pernah gua baca, mungkin bisa dibilang popcorn-lah yang paling mengaduk2 emosi ketika membacanya, seperti yang pernah gua ceritakan di sini. terlepas dari emosi jiwa karena okita dibuat meninggal ama pengarang nih komik, mengikuti jatuh bangun kehidupannya nakki itu juga menarik. bayangkan, jatuh cinta ama kakak kelas tapi ternyata kakak kelasnya memilih menikah dengan kembaran nakki! kesedihan orangtuanya ketika maru, kakak kembar nakki, meninggal lagi2 membawa cobaan tersendiri dalam hidup nakki yang kemudian harus membuang identitas dirinya dan berpura2 hidup sebagai maru demi kestabilan jiwa sang ibu yang dikuatirkan saking terguncangnya kehilangan anak kesayangannya hingga menolak kenyataan bahwa maru telah meninggal. nakki kemudian dihadapkan pada dua cinta, tak pernah disangkanya ia bisa jatuh cinta pada dua pria pada saat yang bersamaan tapi belum sempat mengungkapkannya, salah satu pria hebat dalam hidupnya itu meninggal! hiksss..

~.*.~

city hunter



gantengnyaa si ryoo, awww! gantengnya si ryooo, aww.. tak jemu2 aku memandangnyaaaaaa!! ahahahahaha.. tau ngga siapa tokoh komik di atas? dia adalaahh.. ryo saeba! siapa yang ngga kepincut sama ketampanan ryo di komik "city hunter", asal jangan ngeliat dia pas lagi gini aja nihh..

 
aduhh.. langsung ilang dhe kesan tampannya XD

~.*.~

anak-anak kereta api


gua suka ama buku ini. apa ya yang bikin buku ini berkesan? ahh.. ternyata gua pernah bikin postingannya di sini jadi untuk lebih lengkapnya mampir aja ke sana yaa.. "anak-anak kereta api" juga termasuk buku yang gua punya lebih dari satu, haha.. tertarik ama covernya bo XD

~.*.~

akhirnyaa.. selesai juga mengerucutkan buku2 yang pernah gua baca menjadi 10 aja buku yang masuk kategori 'memorable', mungkin aja bila di kemudian hari gua bikin postingan yang sama, isinya bisa jadi beda ^o^

mau share your memorable books juga? cantumkan aja link postingan kalian di kolom komen, nanti gua berkunjung :D

jumat 7/11 (12:48 pm)

2 comments:

  1. hmm, bbrp ada di timbunan.
    Ayoo bacaa #pecutdirisendiri

    ReplyDelete
  2. Hohoho *tosss* buku-buku Enid, Agatha Christie, Topeng Kaca, Harry Potter, dan City Hunter ^^ sayang belum baca Ronja >.<

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~