Tuesday, July 23, 2013

scene on three 1 : kakak beradik hati singa

picture is taken from :
inside illustration's of the book
by ilon wikland


selasa 23/7 (10:47 am)

naahh.. "scene on three" ini adalah salah satu yang pengen gua ikutin hasil dari blogwalking ke blog2 para pencinta buku, hahaha.. apakah scene on three itu? yukk simak nihh di blognya Bacaan B.Zee..




Cara berbagi lewat Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).
 untuk postingan perdana 'scene on three' ini, gua mengambilnya dari bukunya astrid lindgren yang berjudul "kakak beradik hati singa".

kemarin sore terjadi kebakaran di daerah fackelrosen di kota ini. salah satu rumah kayu tua terbakar habis menjadi abu dan satu nyawa manusia tidak bisa diselamatkan. anak laki2 berumur sepuluh tahun, karl singa, ketika api berkobar ada di dalam rumah sendirian, terbaring sakit di apartemen tingkat dua. tidak lama kemudian kakak laki2nya, jonatan singa, tiga belas tahun, pulang dari sekolah. sebelum sempat ditahan, ia langsung menerobos masuk ke rumah yang telah menjadi lautan api untuk menyelamatkan adiknya. dalam sekejap seluruh tangga termakan api sehingga tidak ada jalan lain kecuali melompat dari jendela untuk menyelamatkan diri. kumpulan orang yang berada di luar ketakutan, tidak berdaya dan terpaksa menyaksikan bagaimana anak tiga belas tahun itu, dengan adiknya dalam gendongannya, berusaha menghindari kejaran api di belakangnya. tanpa berpikir lagi, jonatan meloncat ke luar rumah melalui jendela. akibat jatuhnya, ia mengalami cedera berat dan tak lama kemudian tewas, tidak tertolong lagi. sebaliknya, atas lindungan badan sang kakak, adik laki2nya selamat tanpa cedera. (kakak beradik hati singa by astrid lindgren halaman 18)

kenapa gua memilih adegan di atas? karena adegan itu sediiiihh bangets, sampai bikin nangis *ihikss* bukan hanya adegan itu semata, tapi keterangan mengenai kakak beradik itu di halaman sebelumnya dan komentar orang2 setelah kejadian tersebut, karena seperti yang bisa dibaca di review gua tentang buku ini, jonatan itu adalah anak yang ganteng, sehat, ceria dan disukai oleh orang2 yang mengenalnya sementara karl, adiknya, itu sakit2an udah lama, bahkan banyak yang memprediksi bahwa usianya itu ngga lama lagi. jadi, kerasa bangets khan ironisnya ketika si sakit2an yang justru selamat sementara yang tadinya sehat ehh malah meninggal duluan!

yang menjadikan adegan di atas itu juga berkesan adalah karena gua pernah mendengar cerita soal kakak beradik juga dengan kondisi yang mirips seperti apa yang diceritakan di atas yang mana salah satunya itu cantik dan baik sementara satunya lagi itu tampangnya ngga cakeps and jutek pula, ehh.. si cantik yang kesayangan ibunya itu malah meninggal duluan dan dalam keadaan sedang sedih dan berduka, si nyokapnya itu berucap kenapa ngga si 'jelek' aja yang meninggal, kenapa harus kesayangannya itu yang pergi duluan, dan kalimat nyokapnya itu terdengar oleh si anak yang kemudian menjadi sakit hati terhadap ibunya itu.

demikian postingan "scene on three"-nya, yang mau ikutan, buruaann.. karena hanya bisa diposting di tanggal berakhiran 3, hahaha :))

selasa 23/7 (11:09 am)

4 comments:

  1. Kematian itu memang misteri ya, ga ada yang tahu siapa yg akan 'dijemput' duluan. Nice share :)

    ReplyDelete
  2. iya, betul bangets.. memang harus siap setiap saat 'dipanggil' kembali menghadap Sang Pencipta :D

    ReplyDelete
  3. Klasik banget bacaannya. Yah, yang baik katanya memang sering pergi duluan :'(

    ReplyDelete
  4. yang masih belum 'dipanggil' masih dikasih kesempatan buat kembali ke jalan yang benar :)

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~