Friday, January 24, 2014

tara road

tara road
maeve binchy
orion books ltd, 1999
639 halaman


jumat 24/1 (7:23 pm)

pertama2, gua mau mengucapkan selamaaaatt.. pada diri gua sendiri karena berhasil menyelesaikan membaca nih buku, ahahahaha XD

well done, Indah!

lanjuutt..

hal apa yang menyebabkan seseorang ingin 'lari' menyebrangi lautan dan melintasi benua? bagi ria lynch, jawabannya adalah ketika suaminya menjatuhkan 'bom' bagi dunianya yang tenang dengan mengakui perselingkuhannya dengan wanita muda berusia 22 tahun yang kini sedang mengandung anak buah cinta mereka.

ria sungguh ngga ngerti, di mana salahnya pernikahan mereka yang menurutnya bahagia? kenapa selama ini ia tidak pernah melihat tanda2 perselingkuhan suaminya? apakah selama ini hari2 di mana suaminya pulang larut malam dengan alasan lembur itu sesungguhnya dihabiskan untuk memadu kasih dengan bernadette? mengapa? mengapaa?! apakah ini hanya sekedar affair singkat saja, karena ria tahu suaminya sebentar lagi akan memasuki usia 40 tahun, jadi mungkin berada bersama dengan bernadette yang masih muda membuatnya merasa sepuluh bahkan belasan tahun lebih muda dari usia sebenarnya?

ria tau walaupun ia merasakan sakit atas pengkhianatan suaminya, tapi bila danny memohon maaf padanya dan memintanya untuk menerimanya kembali, maka tanpa ragu ia pasti akan memaafkan pria pertama yang berhubungan intim dengannya itu, lima belas tahun pernikahan mereka bukanlah waktu yang singkat. tapi, danny.. mengapa danny tidak pernah mengatakan ia ingin kembali padanya? tidakkah danny ingin selalu bersama2 dengan istri dan kedua anaknya?

hati yang hancur dan remuk membuat ria mengiyakan tawaran marilyn untuk bertukar rumah dengannya. marilyn di connecticut, amerika sementara ria di dublin, irlandia. kedua perempuan yang tidak pernah bertemu sebelumnya kemudian setuju untuk menghabiskan 2 bulan musim panas mereka di belahan bumi yang berbeda.

ria dan marilyn adalah sosok yang bertolak belakang. jika ria itu hidupnya selalu dikelilingi oleh teman2 dan keluarganya, maka marilyn menjaga jarak dengan tetangganya, bahkan sejak kematian putra tunggalnya, marilyn kesulitan untuk berkomunikasi dengan suaminya, di antara mereka seakan ada tembok kasat mata yang dibangun marilyn demi membantunya melewati masa2 berduka. 

siapa sangka, pertukaran rumah itu ternyata membawa dampak baik bagi keduanya. memang hanya satu di antara mereka yang mendapatkan suaminya kembali tapi masa depan ternyata tidaklah sesuram ketika mereka masih bertahan di kediaman masing2. baik ria ataupun marilyn mengetahui rahasia dalam kehidupan teman bertukar rumah-nya itu namun keduanya memutuskan untuk menyimpan rapat2 rahasia tersebut.

~.*.~

nama maeve binchy bukan nama yang asing buat gua walaupun "tara road" adalah buku pertama dia yang gua baca, karena ada seorang teman gua yang sukaa sekali dengan maeve binchy jadi untuk nama, gua cukup familiar lah :))

terbiasa membaca cerita2 enid yang kalau dipikir2 cukup padat karena hanya dengan 200-300 halaman di serial lima sekawan, pasukan mau tahu, ataupun seri petualangan, gua udah dapat paket 'komplit' dari mulai awal hingga penyelesaian.

karenanya pas baca "tara road", gua lumayan tersendat2 karena ya boo.. sini gua ketikin sinopsis di bagian belakang bukunya.

ria and marilyn have never met - they live thousands of miles apart, separated by the atlantic ocean : on in a big, warm, victorian house in tara road, dublin, the other in a modern, open-plan house in new england. two more unlikely friends would be hard to find : ria's life revolves around her family and friends, while marilyn's reserve is born of grief. but when each other needs a place to escape to, a house exchange seems an ideal solution.

along with the borrowed houses come neighbours and friends, gossip and speculation as ria and marilyn swap lives for the summer.

and you know what, diperlukan 300 halaman lebih sebelum akhirnya sampai kepada apa yang disinggung oleh sinopsis itu, huahahahahahaha! alamaaaaakk!!

the good thing about "tara road" adalah.. elo mendapatkan satu cerita 'utuh' karena banyak hal itu diceritakan dari sisi yang berbeda, makanya nih buku tebalnya bisa sampai 600 halaman lebih, haha :p

dan buku ini pula ketika gua baru membacanya sekitar 400an halaman, membuat memimpikan adegan lanjutan dari kisah yang gua baca, ahahahaha.. yang mana kok malah berasa lebih seru daripada apa yang ditulis maeve, ahahahahaha :))

all in all.. gua suka nuansa buku ini.. karena walaupun ada beberapa bagian yang terasa 'kelam', you can still sense the optimism here and there.. bahwa hidup itu ngga berhenti ketika hal2 buruk terjadi pada kita, dan terkadang justru di tengah hal2 buruk itu, ada kejadian2 baik yang mungkin ngga akan pernah terjadi andai ngga ada hal2 buruk itu.

seperti ria, yang tidak akan pernah terjun ke dunia makanan andai danny tidak memilih untuk bersama bernadette. ataupun marilyn yang belajar membuka diri dan menyuarakan kesedihannya yang in a way justru membantunya melepaskan diri dari rasa kehilangan.

tapi sampai akhir cerita, gua masih ngga ngerti why people cheat? kenapa danny yang menurut pandangan orang luar itu udah memiliki 'segala'-nya, mulai dari istri yang selalu mendukungnya, anak2 yang menyayanginya, karir yang bagus serta rumah yang nyaman.. mengapa ia malah lari ke pelukan perempuan lain? kalau memang ada hal2 yang dilakukan ria yang ngga berkenan buatnya, kenapa dia ngga mencoba membicarakannya ke istrinya itu, dan bukan malah menjalin hubungan lebih dari sekedar teman dengan wanita lain?!

walaupun di bagian2 belakang ada secuplik adegan yang membuat gua bisa 'mengerti' apa yang dimiliki bernadette yang ngga didapatkan danny dari ria, tetap aja gua ngga mau 'membenarkan' tindakan danny yang berselingkuh ituuu..

anywayy.. 4 bintang untuk "tara road".. simply karena rumah ria itu setingannya di irlandiaa.. huaa.. my dream country! alasan lain karena udah lamaa bangets gua ngga baca cerita romans, apalagi yang in english, jadi bisa menyelesaikan nih buku (tebeell! *cateett* :p) merupakan suatu pencapaian tersendiri buat gua, ahahaha :))

jumat 24/1 (8:00 pm)


lucky no14
1 : visit the country

2 comments:

  1. Replies
    1. wakakakakak XD jangan lupa dibungkus yang rapi and dikasih bantalan yaa biar piringnya ngga pecah pas sampai :p

      Delete

~.thank you for coming.~