Monday, December 22, 2014

petualangan di pulau suram

the island of adventure
petualangan di pulau suram
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : juni 2012
336 halaman


senin 17/11 (9:51 am)
senin 22/12 (11:25 am)

sejak membaca ulang kisah2 petualangannya duo bersaudara jack dan lucy-ann serta philip dan dinah, disertai burung kakatua jack yang bernama kiki, from time to time gua wondering bagaimana sih awal mula perkenalan mereka, karena gua ngga inget pernah baca atau ngga buku pertama dari seri petualangan ini.

naahh.. tanpa disangka, akhirnya gua pun berjumpa dengan "petualangan di pulau suram" yang menjawab pertanyaan gua mengenai pertemuan dua pasang kakak adik ini.

dimulai dari jack dan philip yang mengikuti les tambahan di musim liburan dengan lucy-ann yang juga ikut semata demi bisa dekat dengan abang semata wayangnya.

jack dan lucy-ann yang telah yatim piatu mendapat kabar buruk menjelang masa belajar tambahan mereka berakhir, karena pengurus rumah tangga di tempat paman yang menampung mereka mengirimkan surat yang mengabarkan pada sang guru mengenai kecelakaan yang menimpa sang paman dan berharap keduanya bisa tinggal di rumah pak roy, sang guru, sampai dua hari menjelang liburan sekolah usai.

duh, itu kabar buruk! seakan waktu yang mereka habiskan selama ini belum cukup buruk. untunglah philip mendapat ide cemerlang, mengapa kedua teman barunya itu tidak ikut dia saja kembali ke rumah paman dan bibinya? mereka tidak perlu bilang dulu ke pak roy yang kemungkinan besar akan menolak mentah2 ide itu, yang perlu mereka lakukan adalah pergi diam2 dan sesampainya di craggy-tops tempat philip menghabiskan liburan, barulah ia akan meminta bibi polly-nya untuk mengabari pak roy. pada saat itu, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membiarkan jack dan lucy-ann tetap tinggal di craggy-tops, dan lagi masalah keuangan bibi polly pun akan terpecahkan untuk sementara waktu karena uang yang dikirimkan paman jack bisa digunakan bibi polly untuk keperluan mereka sehari2.

jack yang gemar sekali akan burung merasa senang tinggal di craggy-tops karena ada banyak burung yang bisa diamatinya sepanjang sisa liburan. dinah yang temperamental pun senang akan kehadiran dua teman barunya itu. tak enak rasanya menghabiskan liburan sendirian hanya ditemani paman dan bibinya.

dan ketika mereka berempat plus kiki berkumpul, aroma petualangan mulai berhembus ke arah mereka. dimulai dari pelayan aneh di tempat bibi polly yang tampak memusuhi anak2 dan kerjanya asal2an dan selalu menolak keinginan anak2 yang ingin nebeng pergi ke kota untuk belanja.

apa sih yang sebenarnya disembunyikan oleh jo-jo? mereka pun bertemu dengan bill smugs yang mengaku sebagai pengamat burung namun memiliki ketertarikan rendah terhadap celotehan penuh semangat jack membahas burung2. bill smugs ini sebenarnya musuh atau kawan? anak2 memutuskan untuk tetap menjaga kewaspadaan.

berhasilkah anak2 menguak misteri ini? bagaimana akhir petualangan perdana mereka? bacalah buku setebal 300an halaman ini dan ikuti petualangan mereka :D

belakangan gua kok makin mudah melupakan detail buku2 yang gua baca ya, huahahaha XD akibat kelamaan nulis review, kadang pas mulai nulis tuh hanya tinggal samar2 aja yang masih tersisa.

pastinya sih gua masih ingat bahwa masih terasa menyenangkan membaca buku ini :D can't wait to read (and reread) buku lainnya dari seri ini ;)

senin 22/12 (11:50 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~