Wednesday, December 31, 2014

little lord fauntleroy

 
little lord fauntleroy
frances hodgson burnett
aladdin classics, may 2004
261 halaman


rabu 31/12 (10:23 am)

dalam diri cedric (atau yang kadang dipanggil ceddie) ternyata mengalir darah bangsawan inggris, hal yang tidak pernah diketahuinya karena sejak lahir ia tinggal di amerika dan merasa dirinya amerika. rupanya ayah cedric yang berdarah inggris terpaksa melepas gelar bangsawannya karena pernikahannya dengan gadis amerika ditentang oleh ayahnya yang murka dan mengusirnya serta tidak mengijinkannya menjejakkan kaki kembali ke dorincourt castle.

lalu ayah cedric yang merupakan bungsu dari tiga bersaudara meninggal, dan cedric hidup dengan ibunya yang merawatnya penuh kasih dan menanamkan nilai2 baik dalam dirinya hingga ketika suatu hari muncul pengacara keluarga sang kakek di inggris yang mengumumkan bahwa cedric diminta tinggal di inggris karena ia kini resmi menyandang gelar lord fauntleroy. kedua paman cedric meninggal tanpa meninggalkan keturunan karenanya sebagai satu2nya anak lelaki yang masih tersisa dari garis keturunan lord dorincourt, cedric berhak mewarisi semua kekayaan jika nanti sang kakek meninggal.

sayangnya cedric harus hidup terpisah dengan sang ibu yang tidak diijinkan masuk ke dorincourt castle oleh sang kakek yang masih menganggapnya sebagai wanita amerika yang hanya mementingkan harta ketika menikahi anak bungsunya. tapi ibu cedric yang bijaksana memahami keputusan mertuanya, ia malah berpesan pada ceddie agar tidak menanyakan pada sang kakek mengapa mereka harus hidup terpisah dan sang ibu sama sekali tidak menjelek2an sang kakek karena dalam pikirannya, adalah baik bagi ceddie untuk berhubungan dengan kakeknya tanpa prasangka. 

sang kakek yang keras hati, dingin dan hanya mementingkan diri sendiri, perlahan mulai luluh dan jatuh sayang pada cucu lelaki berambut pirang yang menganggapnya sebagai orang baik dan memperlakukannya dengan penuh rasa sayang dan tanpa rasa takut. tapi sikapnya pada ibu ceddie sama sekali tidak berubah, sang kakek tidak mau bertemu muka dengan perempuan yang telah melahirkan cucu lelaki yang menggemaskan dan disukai semua orang yang pernah mengenalnya itu.

sampai suatu hari, masalah muncul karena ada wanita amerika lain yang mengaku sebagai istri (yang telah diceraikan) oleh salah satu anak lelaki sang kakek lainnya, dan ada seorang anak lelaki yang terlahir dari hubungan suami istri tersebut. 

what?! jadi maksudnya little lord fauntleroy alias si kecil ceddie yang telah merebut hati kakeknya itu bukan lagi pewaris tunggal? sang kakek yang telah menyayangi cucunya itu sama sekali ngga rela posisi ceddie digantikan oleh anak lelaki lainnya, penyelidikan seksama pun dilakukan untuk menguji kebenaran perkataan wanita yang mengaku2 sebagai mantan menantunya itu. 

tidak, tidak.. andai keterangan terbukti benar sekalipun, cedric sama sekali tidak boleh kehilangan segala kenyamanan yang telah dinikmatinya selama menjejakkan kaki di inggris. bahkan sang kakek pun akhirnya menelan gengsinya dan menemui ibu cedric untuk memastikan bahwa selama ia masih hidup, cedric akan tetap berada dalam lindungannya. sang kakek baru menyadari bahwa ibunda cedric yang walaupun berasal dari amerika, ternyata adalah perempuan santun yang baik hati dan sama sekali bukan pengeruk uang seperti yang disangkanya selama ini.

bagaimana nasib ceddie selanjutnya? benarkah ia tidak lagi menjadi lord fauntleroy? lalu siapa wanita misterius yang tiba2 muncul untuk mengambil semua miliknya itu? benarkah ia seperti apa yang dikatakannya?

nahh.. ada baiknya kalau memang ingin tahu, yuk yak yukk baca buku ini, haha :p

gua ngerasa yakin bangets kalau baru pertama kali baca buku ini tapi ga tau kenapa kok bisa nebak ending ceritanya, haha.. mungkin karena 'klise' dan banyak diadaptasi buku2 lain yang pernah gua baca kali yee..

anyway, kadang baca2 review buku itu seru juga ya.. di goodreads pas baca2 review buku ini kadang bikin nyengir sekaligus meringis membayangkan 'penderitaan' anak2 lelaki jaman nih buku booming karena mereka terpaksa hanya bisa pasrah ketika 'didandani' ibunya sama seperti frances hodgson burnett 'mendandani' little lord fauntleroy dengan model pakaian yang mungkin terlihat kecewek2an, huehehehe XD

4 bintang untuk "little lord fauntleroy". sebenernya udah lamaa bangets gua punya buku ini tapi salah satu hal yang bikin gua ngerasa males ketika mau mulai baca adalah tulisan di sebelah kiri anak lelaki di sampul buku ini, "inclues reading group guide" karena dalam bayangan gua tuh nantinya di tiap akhir chapter akan dikasih daftar pertanyaan sehubungan dengan chapter yang bersangkutan yang sebenernya sih otree2 its buat di-skip aja ya, hahaha.. ngga taunyaa.. pertanyaan 'diskusi'nya tuh di akhir cerita and cuma dikits aja :p

rabu 31/12 (10:49 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~