Friday, January 31, 2014

scene on three 16 : kelas dua di malory towers

kelas dua di malory towers
enid blyton


jumat 24/1 (7:15 pm)

sekalian aja, masih dari buku yang sama dengan sebelumnya, ada "scene" lainnya yang mau gua bagikan di sini :))

halaman 220-221


gua sukaaa apa yang dikatakan nona grayling! seringkali kita suka lupa bahwa dalam diri setiap orang itu selalu ada sifat baik dan sifat buruk, walau memang ada sifat2 tertentu yang lebih dominan dan lebih menonjol tanpa usaha, tapi bukan berarti orang 'jahat' maka setiap perbuatannya adalah jahat sementara orang 'baik' itu ngga pernah berbuat hal2 buruk. nope, it's not like that.

"scene on three" itu opo? masih belum tau toh? yuk, marii.. dibaca dulu sing satu inii..


Cara berbagi lewat Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 

jumat 24/1 (7:19 pm)

Thursday, January 30, 2014

tempat nyaman untuk membaca

picture is taken from :
own collection of postcards


kamis 30/1 (11:37 pm)

sejak pertama menonton serial 'out of this world' yang ditayangkan rcti sekian puluh tahun silam, gua berkeinginan kalau one day i have my own house, gua pengen punya kamar seperti kamarnya si eve, tokoh utama serial itu.

tadi pas ngubek2 koleksi kartu pos, gua nemu kartu bergambar di atas yang membuat gua teringat akan salah satu impian gua itu..

aahh.. mari kita bayangkan ada bersama gadis manis di gambar ituu.. tidakkah menyenangkan duduk2 di depan jendela besar itu. atau kalau bosan duduk, bisa berbaring sambil membaca buku. jangan lupa membuka jendelanya supaya angin segar bisa masuk memenuhi ruangan dan juga kicau burung nan merdu akan turut menemani kita dalam membaca buku kesukaan kita itu.

i really wish one day.. one dayy.. i will have that kind of room yang akan menjadi semacam tempat 'persembunyian' gua ketika menenggelamkan diri dalam buku, tempat untuk melepas lelah dan tempat for me to have my me-time sambil me-recharge..

one day, one dayy.. semoga kita berjodoh yaa ;)

kamis 30/1 (11:45 pm)

scene on three 15 : kelas dua di malory towers

kelas dua di malory towers
enid blyton


jumat 24/1 (6:57 pm)

sebenernya pengen mengikutsertakan ini buat "scene on three" tanggal 23 januari lalu tapi apa daya, koneksi hp ya begitulah sehingga ga bisa meng-upload gambar padahal karena males ngetik, khan "scene on three" gua selalu berupa 'tulisan dalam gambar', hahahaha :p

buat yang baru pertama denger soal 'scene on three', biar lebih tauu, simak yang berikut ini dulu yaa ;)


Cara berbagi lewat Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 
and scene pilihan gua di edisi ke-15 ini adalaahh..

"kelas dua di malory towers" halaman 81


sering ga siihh merasa seperti apa yang dirasakan si darrell? kadang tuh udah tau ada orang yang sepertinya dengan sengaja berusaha memancing emosi kita, and kita udah tauuu (bangets) agar jangan sampai kepancing tapi ya itu, kadang suliiit (bangets) untuk bisa mengendalikan diri!

huaa, darrell.. i feel you so!

apa scene kalian untuk tanggal 30 ini? :D

jumat 24/1 (7:11 pm)

Monday, January 27, 2014

kelas dua di st. clare

second form at st. clare's
kelas dua di st. clare
enid blyton
gramedia, cetakan kesembilan : juli 2010
259 halaman


senin 27/1 (6:33 pm)

hai, perkenalkan namaku anna, saya salah satu dari ketua kelas kembar di kelas dua st. clare, hmm.. sebenarnya ini hal yang memalukan untuk diberitahukan ke orang banyak, tapi alasan mengapa aku dan elsie terpilih menjadi ketua kelas tidak lain dan tidak bukan karena hanya kami berdua yang merupakan 'wajah lama' di kelas dua ini, alias kami ini tidak berhasil naik kelas di akhir semester lalu. 

bu jenks, wali kelas kami, dan bu theobald, kepala sekolah st. clare, beranggapan mungkin ada baiknya memberikanku dan elsie tanggung jawab untuk memimpin anak2 kelas satu yang baru naik tingkat ke kelas dua ini. selain mereka, ada 2 anak baru di kelas kami, namanya gladys dan mirabel. di samping itu ada juga guru baru yang mengajar drama, bu quentin, yang dengan segera menjadi pujaan alison, sepupu dari si kembar pat dan isabel. sungguh mengherankan betapa alison sungguh2 bekerja keras di kelas drama demi mendapatkan pujian dari guru tercintanya itu. coba saja anak itu juga mau belajar sungguh2 di pelajaran lainnya atau memilih guru yang lebih pantas dijadikan panutan karena bu quentin itu tidak cukup berjiwa besar untuk mengakui bahwa akting gemilang gladys ketika memerankan drama di pertunjukan amal itu bukan hasil binaannya!

anak baru lainnya, mirabel, amat sebal ketika ayahnya mengirimnya untuk bersekolah di st. clare karena ia tidak tahan lagi menghadapi tingkah anak sulungnya yang selalu menyulitkan orangtua dan adik2nya selama di rumah. mirabel jelas marah karena merasa disingkirkan, maka ia pun bertekad untuk tidak bersungguh2 selama bersekolah selama setengah semester di st. clare, ia mulai menganggu pelajaran demi pelajaran yang membuat kami semua kesal karena kemajuan belajar kami terhambat karenanya seisi kelas memutuskan melakukan pembalasan untuk mirabel, bahkan elsie melakukan lebih jauh dari kesepakatan bersama dalam 'mengerjai' mirabel. 

karena perbuatannya itu pula elsie kena batunya karena anak2 kelas dua lainnya tidak lagi mau menganggapnya sebagai ketua kelas mereka dan secara suara bulat mereka sepakat menjadikanku sebagai ketua kelas tunggal. ughh.. aku ini sebenarnya pemalas, berat rasanya harus diserahi tanggung jawab sebesar itu, tapi di saat yang sama, ada rasa bangga karena mereka percaya padaku maka aku pun menyatakan kesediaan mengemban tanggung jawab ini.

elsie tentu saja marah dan ngga terima. ia bahkan bertekad merusak kesenangan kami yang berniat mengadakan pesta tengah malam dalam merayakan ulang tahun carlotta! untung saja hilary sempat melihat elsie yang berjalan setelah menguping pembicaraan kami jadi kami memajukan sehari waktu pelaksanaan pesta dan membuat elsie kena batunya ketika ia melapor pada bu jenks dengan berpura2 bahwa kami semua diculik sementara kami berusaha menahan tawa sambil membenamkan wajah kami di bawah bantal sambil pura2 tertidur ketika bu jenks memeriksa ruangan tidur kami.

gladys, anak pendiam yang kami juluki si loyo ternyata mempunyai alasan mengapa ia selalu tampak murung. rupanya selama ini ia hanya hidup berdua dengan ibunya, setelah ayahnya meninggal. dan kini, ibu yang amat disayanginya itu sedang dirawat di rumah sakit dan sakitnya cukup berat. kalau keadaannya sudah cukup baik, ibu gladys masih harus menjalani operasi, gladys sungguh sedih memikirkan bagaimana bila ibunya meninggal dunia? ia akan jadi sebatang kara! untunglah mirabel membantunya melewati masa2 sulit itu dan keduanya berkawan akrab sampai akhir semester.

untunglah di akhir semester aku dan elsie dinaikkan ke kelas tiga untuk semester berikutnya. walau menyenangkan menghabiskan waktu bersama teman2 sekelasku itu, tapi aku lebih suka bergaul dengan teman2 seumurku. no offense ya, carlotta dan kawan2, bukannya aku menganggap kalian anak kecil lho. hanya saja aku merasa tua dibanding kalian :)

aahh.. aku akan selalu menyimpan kenangan ini dalam hatiku. terima kasih semuanya, dan juga buat tawa ketika kalian mengerjai mam'zelle! aku masih terbayang2 wajah herannya ketika piringnya tiba2 saja seakan sedang menari! hahahaha..

salam hangat selalu,


anna
ketua kelas

~.*.~

4 bintang untuk "kelas dua di st. clare", is it just me atau memang ada rasa yang beda ketika membaca buku2 cerita kehidupan asramanya enid dengan teenlit2 jaman sekarang yaa? :p

senin 27/1 (6:55 pm)

Friday, January 24, 2014

malory towers : kelas dua di malory towers

second form at malory towers
kelas dua di malory towers
enid blyton
gramedia, cetakan kesebelas : desember 2010
240 halaman


jumat 24/1 (8:05 pm)

selamat malaaamm.. akhirnya saya kembali lagi membaca serial malory towers setelah sempat berpaling ke serial2 enid lainnya. maaf ya, malory towers, bukannya bermaksud menganaktirikan darrell dan kawan2, hanya saja, rasanya sayang sekali jika harus bertemu dengan kata 'tamat' di serial kalian ini :D

untuk membicarakan buku kedua serial malory towers ini, kita akan kembali ditemani oleh sally hope, masih ingat khan wawancara fenomenal kita dengan sally? ahh.. masa sih udah lupaa, baiklah, untuk menyegarkan ingatan, coba kalian mampir ke sini yaa. atau kalau mau tau lebih lagi tentang darrell bisa mampir ke sini.

mari kita mulai sesi wawancaranyaa..


yuhuu, sally, lama tak bersuooo.. piye kabareee?!

baik.

(ternyata masih pelit kata walau udah sekian bulan berlalu XD)


okayy.. jadi, ada yang mau kamu ceritakan soal hal2 menarik yang terjadi selama kamu kelas dua di malory towers?

apa yang ingin kamu ketahui?

(oh, boyy.. ini akan jadi sesi wawancara yang panjaaaang!)


ah, sallyy.. jangan kaku githu donkss.. santai dikits lahh..

please ya, kamu jangan membuang2 waktu saya, banyak yang harus saya kerjakan. saya tidak punya waktu kalau wawancaranya seperti ini, silahkan tanya ke yang lain saja.

(sally melepas mikrofon di saku seragam sekolahnya dan melambai ke mary lou yang kebetulan lewat)

mary lou, kamu sedang tidak sibuk khan ya? bisa tolong gantikan saya untuk sesi wawancara ini?

(tanpa menunggu jawaban, sally langsung menyerahkan mikrofon ke tangan mary lou, mengucapkan terima kasih lalu berlari masuk ke dalam asrama! astagaaa.. anak yang satu inii! abis makan apa sih sampai menjengkelkan seperti itu!)

ngg.. halo?

(ah, ya! mary lou! hmm.. anak ini sepertinya pemalu, apa dia bisa bercerita?)


haii.. maaf ya, jadinya menganggu waktu kamu dhe.

tidak apa2.

(aduh, suaranya lembuuutt sekali!)


bisa tolong perkenalkan diri kamu ke para pembaca yang ingin lebih mengetahui seluk beluk kehidupan di malory towers?

hai, perkenalkan nama saya mary lou.


nah,  mary lou, salam kenal ya. jangan malu2, kamu bebas menceritakan apapun yang kamu mau di sini.

mm.. oke. sebelumnya, boleh saya bertanya, ada masalah apa antara kamu dengan sally? mengapa ia tidak jadi melakukan wawancara ini?

(astaga! mengapa justru hal itu yang pertama ditanyakan mary lou!)


gimana ya? mungkin memang salah saya yang membuat sally terkesan galak di sesi wawancara lalu hingga redaksi kami kebanjiran surat yang memprotes sally dan menasehatinya agar lebih lembut dalam menjawab pertanyaan. memang dasar saya juga orangnya kurang sensitif, surat2 itu semua saya teruskan ke sally! aduh aduhh.. ngga heran dia tampak seperti ingin menelan saya ketika tadi kami kembali bertemu!

oh, begitu. sally orangnya baik kok, hanya saja dia memang tegas. tapi sally selalu mau menolong teman yang kesusahan, karena pertimbangan itu pula maka di kelas dua ini sally terpilih menjadi ketua kelas!


oh ya? si galak itu? uppss.. maksud saya, sally memang pantas memegang jabatan sepenting itu. apakah kalian semua setuju dengan terpilihnya dia sebagai ketua kelas?

mm.. sebagian besar dari kami tidak masalah akan hal itu, tapi lucu juga, karena kamu menanyakan itu, yah.. saya baru memperhatikan bahwa alicia sepertinya kurang senang. alicia itu murid yang pandai, otaknya itu cemerlang sekali, hanya saja sesekali dengan teman baiknya, betty, mereka berdua suka melakukan keisengan. bukan iseng yang berbahaya sih, seringkali justru mengundang gelak tawa. tapi saya tidak habis mengerti apa yang dilakukannya pada belinda! menurut saya, alicia kejam sekali mengumpankan belinda seperti itu?


wahh.. ada kejadian seru apa?

belinda adalah anak baru di sekolah kami. dia itu pintar sekali menggambar, walau sama pelupanya dengan irene. salah satu spesialis belinda adalah menggambar karikatur, aduhh.. lucu sekali gambarnya, dan mirip aslinya sehingga walau ia tidak memberitahu siapa yang ada dalam gambarnya, kami bisa menebaknya. suatu hari kedua mam'zelle di tempat kami bertengkar mengenai siapa yang menjadi pemeran utama di pertunjukan sandiwara dalam bahasa perancis. dan dengan kelincahan tangannya, belinda menggambarkan kedua mam'zelle sedang 'berperang'. tadinya gambar2 itu diperuntukkan untuk diperlihatkan pada mam'zelle dupont yang lebih humoris, tapi tidak disangka ternyata alicia sudah mengetahui bahwa mam'zelle dupont digantikan oleh mam'zelle rougier yang tidak sabaran dan lebih gampang marah. seisi kelas ketakutan ketika mam'zelle rougier membawa buku sketsa itu kepada nona grayling, sang kepala sekolah. tapi dengan tabah, sally mengajak belinda menghadap nona grayling untuk menjelaskan duduk perkaranya. untungnya semuanya berakhir dengan baik.


fiuhhh.. senang mendengarnya. tadi kamu bilang belinda itu salah satu anak baru? memang ada anak baru lainnya?

oh iya, ada. tahun ini di kelas kami ada 3 anak baru, yaitu belinda, ellen dan daphne. ellen itu murid pindahan yang mendapat beasiswa di malory towers. tapi anaknya susah didekati dan gampang sekali marah, bahkan sally pernah dibentaknya. tapi sally tidak kehilangan akal, ia lalu meminta bantuan jean. sayangnya tidak ada yang bisa menahan lidah tajam alicia yang menuduh ellen secara terbuka sebagai pencuri karena memang beberapa di antara kami kehilangan dompet, uang serta perhiasan. ellen jatuh sakit mendengar tuduhan itu tapi kami semua mengira ia dipulangkan secara tidak hormat oleh nona grayling karena ketahuan mencuri jadi tidak ada yang menanyakannya ketika kami tidak melihatnya selama beberapa hari.


bagaimana dengan daphne?

ahh.. daphne. saya suka melihat gadis cantik itu. memang sih di kelas satu saya bertemannya dengan darrell dan sally, tapi rasanya menyenangkan kalau mempunyai teman akrab sendiri, dan tidak menjadi orang ketiga dalam persahabatan. walau yah, saya tetap menjadi orang ketiga di antara daphne dan gwendoline sih. tapi daphne menyelamatkan saya ketika saya terhempas angin dan jatuh ke tebing! apapun kesalahan yang dibuatnya di masa lalu, saya pikir daphne pantas mendapatkan kesempatan berdua untuk terus melanjutkan studi di malory towers.


memangnya ada apa dengan daphne, mary lou?

maaf, saya tidak ingin membicarakan soal itu. kalaupun anda mendengar selenting kebenaran tentang daphne, anda tidak akan mendengarnya dari saya. ahh.. sudah waktunya saya kembali. nona peters sudah memanggil. sampai jumpa ya.


~.*.~

oke dhe, mary lou. terima kasih atas waktunya yaa.. sampai jumpa di lain kesempatan :D

jumat 24/1 (8:44 pm)

tara road

tara road
maeve binchy
orion books ltd, 1999
639 halaman


jumat 24/1 (7:23 pm)

pertama2, gua mau mengucapkan selamaaaatt.. pada diri gua sendiri karena berhasil menyelesaikan membaca nih buku, ahahahaha XD

well done, Indah!

lanjuutt..

hal apa yang menyebabkan seseorang ingin 'lari' menyebrangi lautan dan melintasi benua? bagi ria lynch, jawabannya adalah ketika suaminya menjatuhkan 'bom' bagi dunianya yang tenang dengan mengakui perselingkuhannya dengan wanita muda berusia 22 tahun yang kini sedang mengandung anak buah cinta mereka.

ria sungguh ngga ngerti, di mana salahnya pernikahan mereka yang menurutnya bahagia? kenapa selama ini ia tidak pernah melihat tanda2 perselingkuhan suaminya? apakah selama ini hari2 di mana suaminya pulang larut malam dengan alasan lembur itu sesungguhnya dihabiskan untuk memadu kasih dengan bernadette? mengapa? mengapaa?! apakah ini hanya sekedar affair singkat saja, karena ria tahu suaminya sebentar lagi akan memasuki usia 40 tahun, jadi mungkin berada bersama dengan bernadette yang masih muda membuatnya merasa sepuluh bahkan belasan tahun lebih muda dari usia sebenarnya?

ria tau walaupun ia merasakan sakit atas pengkhianatan suaminya, tapi bila danny memohon maaf padanya dan memintanya untuk menerimanya kembali, maka tanpa ragu ia pasti akan memaafkan pria pertama yang berhubungan intim dengannya itu, lima belas tahun pernikahan mereka bukanlah waktu yang singkat. tapi, danny.. mengapa danny tidak pernah mengatakan ia ingin kembali padanya? tidakkah danny ingin selalu bersama2 dengan istri dan kedua anaknya?

hati yang hancur dan remuk membuat ria mengiyakan tawaran marilyn untuk bertukar rumah dengannya. marilyn di connecticut, amerika sementara ria di dublin, irlandia. kedua perempuan yang tidak pernah bertemu sebelumnya kemudian setuju untuk menghabiskan 2 bulan musim panas mereka di belahan bumi yang berbeda.

ria dan marilyn adalah sosok yang bertolak belakang. jika ria itu hidupnya selalu dikelilingi oleh teman2 dan keluarganya, maka marilyn menjaga jarak dengan tetangganya, bahkan sejak kematian putra tunggalnya, marilyn kesulitan untuk berkomunikasi dengan suaminya, di antara mereka seakan ada tembok kasat mata yang dibangun marilyn demi membantunya melewati masa2 berduka. 

siapa sangka, pertukaran rumah itu ternyata membawa dampak baik bagi keduanya. memang hanya satu di antara mereka yang mendapatkan suaminya kembali tapi masa depan ternyata tidaklah sesuram ketika mereka masih bertahan di kediaman masing2. baik ria ataupun marilyn mengetahui rahasia dalam kehidupan teman bertukar rumah-nya itu namun keduanya memutuskan untuk menyimpan rapat2 rahasia tersebut.

~.*.~

nama maeve binchy bukan nama yang asing buat gua walaupun "tara road" adalah buku pertama dia yang gua baca, karena ada seorang teman gua yang sukaa sekali dengan maeve binchy jadi untuk nama, gua cukup familiar lah :))

terbiasa membaca cerita2 enid yang kalau dipikir2 cukup padat karena hanya dengan 200-300 halaman di serial lima sekawan, pasukan mau tahu, ataupun seri petualangan, gua udah dapat paket 'komplit' dari mulai awal hingga penyelesaian.

karenanya pas baca "tara road", gua lumayan tersendat2 karena ya boo.. sini gua ketikin sinopsis di bagian belakang bukunya.

ria and marilyn have never met - they live thousands of miles apart, separated by the atlantic ocean : on in a big, warm, victorian house in tara road, dublin, the other in a modern, open-plan house in new england. two more unlikely friends would be hard to find : ria's life revolves around her family and friends, while marilyn's reserve is born of grief. but when each other needs a place to escape to, a house exchange seems an ideal solution.

along with the borrowed houses come neighbours and friends, gossip and speculation as ria and marilyn swap lives for the summer.

and you know what, diperlukan 300 halaman lebih sebelum akhirnya sampai kepada apa yang disinggung oleh sinopsis itu, huahahahahahaha! alamaaaaakk!!

the good thing about "tara road" adalah.. elo mendapatkan satu cerita 'utuh' karena banyak hal itu diceritakan dari sisi yang berbeda, makanya nih buku tebalnya bisa sampai 600 halaman lebih, haha :p

dan buku ini pula ketika gua baru membacanya sekitar 400an halaman, membuat memimpikan adegan lanjutan dari kisah yang gua baca, ahahahaha.. yang mana kok malah berasa lebih seru daripada apa yang ditulis maeve, ahahahahaha :))

all in all.. gua suka nuansa buku ini.. karena walaupun ada beberapa bagian yang terasa 'kelam', you can still sense the optimism here and there.. bahwa hidup itu ngga berhenti ketika hal2 buruk terjadi pada kita, dan terkadang justru di tengah hal2 buruk itu, ada kejadian2 baik yang mungkin ngga akan pernah terjadi andai ngga ada hal2 buruk itu.

seperti ria, yang tidak akan pernah terjun ke dunia makanan andai danny tidak memilih untuk bersama bernadette. ataupun marilyn yang belajar membuka diri dan menyuarakan kesedihannya yang in a way justru membantunya melepaskan diri dari rasa kehilangan.

tapi sampai akhir cerita, gua masih ngga ngerti why people cheat? kenapa danny yang menurut pandangan orang luar itu udah memiliki 'segala'-nya, mulai dari istri yang selalu mendukungnya, anak2 yang menyayanginya, karir yang bagus serta rumah yang nyaman.. mengapa ia malah lari ke pelukan perempuan lain? kalau memang ada hal2 yang dilakukan ria yang ngga berkenan buatnya, kenapa dia ngga mencoba membicarakannya ke istrinya itu, dan bukan malah menjalin hubungan lebih dari sekedar teman dengan wanita lain?!

walaupun di bagian2 belakang ada secuplik adegan yang membuat gua bisa 'mengerti' apa yang dimiliki bernadette yang ngga didapatkan danny dari ria, tetap aja gua ngga mau 'membenarkan' tindakan danny yang berselingkuh ituuu..

anywayy.. 4 bintang untuk "tara road".. simply karena rumah ria itu setingannya di irlandiaa.. huaa.. my dream country! alasan lain karena udah lamaa bangets gua ngga baca cerita romans, apalagi yang in english, jadi bisa menyelesaikan nih buku (tebeell! *cateett* :p) merupakan suatu pencapaian tersendiri buat gua, ahahaha :))

jumat 24/1 (8:00 pm)


lucky no14
1 : visit the country

Wednesday, January 22, 2014

sapta siaga : tuduhan palsu

secret seven mystery
sapta siaga : tuduhan palsu
enid blyton
gramedia, cetakan keenam : mei 2012
140 halaman


rabu 22/1 (8:22 am)

hahahaha.. perasaan belum lama ini gua 'berjanji' ngga bakal baca serial sapta siaga untuk sementara waktu yaa? tapi rupanya janji hanya tinggal janji XD karena di tengah baca "tara road"-nya maeve binchy yang tuebeeel and ga kelar2, gua pun melirik tumpukan buku enid dan meraih salah satu seri sapta siaga berjudul "tuduhan palsu".

dan memang mengingat tipisnya nih buku, ngga butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. kali ini ayah peter yang tahu bahwa kedua anaknya, peter dan janet, dan kelompok sapta siaga mereka punya 'hobi' memecahkan kasus, saat makan pagi, ia pun menunjukkan berita di koran tentang seorang anak perempuan yang dituduh mencuri uang di sekolahnya dan ketika polisi menyambanginya di tempat kediaman tante-nya, anak itu menghilang. polisi menduga anak perempuan bernama elizabeth itu lari ke rumah neneknya di desa belling, yang bertetangga dengan desa tempat peter dan kawan2 tinggal.

hoho.. saatnya mencari keberadaan elizabeth! dan peter merasa mereka mempunyai keunggulan dibanding para polisi karena elizabeth kurang lebih usianya sama dengan mereka jadi sapta siaga lebih tahu tempat2 yang akan mereka gunakan untuk bersembunyi, andai mereka ada di posisi elizabeth. hmm.. saatnya mengendus jejak anak perempuan itu, ngga mungkin bangets khan ia lenyap ditelan bumi?

berdasar informasi yang ada, mereka memulai penyelidikan. dan dari pembantu di rumah nenek elizabeth, mereka mendapat keterangan berharga mengenai berkurangnya persediaan makanan yang artinya elizabeth berada tidak jauh dari rumah neneknya. kesukaan elizabeth akan kuda membawa sapta siaga juga turut mencarinya di istal2 kuda, bisa saja khan ia mencari pekerjaan sebagai pengurus kuda? tapi sayang, di istal yang paling dekat dengan rumah neneknya elizabeth, mereka hanya bertemu dengan 2 pengurus kuda, dan keduanya pemuda! yang satu bernama harry, pemuda yang lebih ramah dan suka bercerita sementara lainnya bernama tom, yang lebih pendiam dan hanya menjawab pendek2 saja ketika ditanya.

akan tetapi setelah mengorek2 keterangan, justru dari tom lah, sapta siaga mendapat titik terang mengenai kemungkinan elizabeth sedang menuju ke perancis untuk menemui kakak lelakinya karena tom bilang ia pernah melihat anak perempuan yang mirips dengan elizabeth.

wah, kalau benar elizabeth ke perancis, bagaimana cara mereka menyusuri jejaknya? walau merasa menemui jalan buntu, sapta siaga tidak berputus asa dan bertekad dengan satu dan lain cara, mereka pasti bisa menemukan anak itu!

berhasilkan sapta siaga menemukan elizabeth? dan ketika bertemu dengan kakak lelaki elizabeth, mengapa peter merasa ia pernah melihatnya di suatu tempat? lalu, benarkah elizabeth memang bersalah dan mencuri uang itu?

hanya 140 halaman kok, gua yakin kalian pasti bisa membacanya sendiri untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan2 di atas, hahahaha :))

somewhat enid itu memang berhasil membuat mood gua kembali membaik and jadi bersemangat untuk melanjutkan membaca "tara road", huehehehehe..

kali ini ngga janji dhe bakal 'puasa' baca sapta siaga karena gua khan mood2an, ntar malah kembali melanggar janji yang dibuat, hahahaha :p

rabu 22/1 (8:36 am)

Monday, January 20, 2014

cover talks : malory towers

picture is taken from here


senin 20/1 (3:54 pm)

note : all the pictures in this post are from google, using the keyword : malory towers

lama2 bosen juga ya kalau blog kok isinya kebanyakan review buku, hahaha.. jadi gua akan meluncurkan "cover talks", yang artinyaa.. ya ituu.. biarkan cover (and gua) berbicara (mengenai cover2 itu, ahahaha :p).

untuk edisi perdana ini gua milih cover2 buku serial malory towers-nya enid blyton? why serial ini? karena dari dulu gua sukaa bangets ama malory towers.. and rata2 covernya bagus sihh.. sampai gua menemukan gambar cover english berikut ini..


astagaaaaa.. itu coveerr!! *tutup_mata.com* padahal yaa pas pertama ngeliat cover st. clare terjemahan yang 'terbaru' aja gua udah berasa, "aduhhh.. apa ngga bisa bikin cover yang lebih bagus yaa?!", eh ngga taunyaa.. ada yang lebih 'parah' dari tuh st. clare, huahahahahahaha XD

karena tergelitik rasa ingin tahu, gua pun mulai browsing2 untuk melihat2 cover malory towers dari waktu ke waktu.. and berikut beberapa di antaranya yang menurut gua cakeps2..

cover yang ini sama seperti cover terjemahan indonesia jaman bahela, hanya beda warna background-nya aja, ntar di bawah ada kok jadi pastikan kalian melihatnya :p

yang ini juga bagus yaa ;)

naahh.. menurut gua yang ini keren! gua suka idenya yang mana bagian depan sampai belakang itu full gambar, karena helloo.. it's enid blyton githu lhoo.. jadi ngga perlu ringkasan cerita (apalagi endorsement! :p), kurang lebih orang juga udah tau ceritanya tentang apaan.. kalau ngga tau, google donks aww, ahahahaha :p

ini cover terbaru terjemahan indonesia, hmm.. ngga secakeps cover2 sebelumnya tapi yaah masih boleh laahh.. karena gambarnya masih cute.. tapi kalau kalian udah browsing2 gambar cover2 lainnya, entah kenapa gua jadi menangkap semacam kesan 'dingin' dari cover ini :p

nuansanya jadul bangets yaa :D

hellppp.. tollooonnngg.. jangan lepaskaaann!!

masih cover indo 'terbaru'

sukaan mana ama cover di atasnya?

uhuyy.. mari kita berlarian di pantaaii

bersantai bersama teman sambil makan2 dan tertawa2, aahh.. sungguh asyik dan menyenangkan!

gua suka cover yang ini!

cover ini juga bagus!

hmm.. siapakah gadis berkuda itu?

menurut gua, ini cover indo terjemahan yang paliiiing bagus.. walau kalau ngeliat gambarnya sama seperti gambar teratas postingan, maka sepertinya gramed beli cover aslinya lalu memodifikasi warna, jadinya malah lebih cakeps dari aslinya! keren dhe!

hoho.. cover yang ini juga lucuu.. 

yang ini juga lucuu..

enak yaa kalau beli edisi 3 in1 ginii, iriiitt :p

kira2 ini keluaran mana ya?

tadaa.. sampailah pada gambar penghabisan


bagaimana? dari sekian banyak cover, mana yang kalian suka? entah cuman perasaan gua aja atau gimana yaa.. somewhat gua menemukan semacam 'kehangatan' dari cover2 lamanya malory towers.. hal yang ngga gua dapatkan di cover2 terbaru.. ada nuansa 'akrab' dan familiar dari cover2 lama.. jadi berasa si pembuat cover itu meluangkan waktu dulu buat baca bukunya, membiarkan diri terhanyut dalam ceritanya, meresapinya baru dhe mulai menggambar covernya.. sementara untuk cover2 baru itu seperti kejar setoran, mana sempat baca bukunya, cukup liat sinopsis aja and dengar masukan dari penerbit mau cover yang seperti apa lalu mulai ngegambar, jadi.. and nexttt, mana buku berikutnya yang harus didesain covernya?! *sigh*

emang sih seringkali dibilang, "don't judge a book by its cover", tapi jujur aja dhee.. cover itu yang paling pertama diliat yang bikin orang tertarik untuk meraih tuh buku di antara sekian banyak buku lainnya lalu mulai membaca sinopsis di belakangnya..

lahh.. kalau covernya aja udah bikin ilfil duluan.. sayang bangets khan kalau cerita yang bagus itu jadi kelewat dilihat hanya gara2 cover yang ngga menarik mata?!

senin 20/1 (4:24 pm)

Sunday, January 19, 2014

agatha christie : misteri sittaford

the sittaford mytery
misteri sittaford
agatha christie
gramedia, cetakan ketiga : april 2012
350 halaman


minggu 19/1 (11:19 am)

pemainan 'meja bergoyang' yang dilakukan di sittaford milik kapten trevelyan yang sedang disewakan kepada mrs. willet dan anak perempuannya, mungkin sejenis dengan jelangkung ya.. di mana dilakukan 'pemanggilan arwah' lalu ditanyakan sesuatu dan nanti akan dijawab oleh arwah tersebut.

enam orang berkumpul duduk mengelilingi meja dan melakukan 'permainan' meja bergoyang itu, tidak disangka, 'arwah' yang datang memberikan 'berita' bahwa kapten trevelyan mati dibunuh! apaaa?! yang benar sajaaa.. ini hanya becanda khan? ngga beneran terjadi?!

keenam peserta permainan itu tampak terguncang, terlebih mayor burnaby yang adalah kawan akrab sang kapten selama puluhan tahun. walau saat itu salju turun cukup lebat, sang mayor bersikeras menengok kapten di tempat tinggalnya yang sementara, untuk memastikan kondisi sahabatnya dalam keadaan baik2 saja.

tapi yang didapati justru sang kapten telah meninggal akibat luka tikaman.

astagaa!! jadi yang dikatakan roh itu benar?! tapi tapii.. bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? dan yang terpenting, siapakah pelakunya?

tersangka pun mulai disusun daftarnya, tentunya mereka haruslah yang mempunyai motif untuk membunuh sang kapten dan biasanya yang juga akan mendapatkan keuntungan dari kematiannya karena kapten yang pelit ini tapi disinyalir memiliki banyak harta.

dari berbagai keterangan yang berhasil dihimpun, diketahui bahwa salah seorang kemenakan kapten kedapatan menginap di pondokan setempat dan pergi dengan kereta paling pagi keesokan harinya, waahh.. mencurigakan sekali! kalau memang dia ngga bersalah, kenapa juga ia harus buru2 pergi khan?

polisi pun segera menciduk jim pearson walau anak muda ini bersikeras bahwa dirinya tidak bersalah tapi polisi tetap melakukan penahanan untuk penyelidikan lebih lanjut. tunangan jim, emily, yakin sekali bahwa jim tidak bersalah. jim memang lemah tapi dia pasti ngga akan tega melakukan pembunuhan, tidak.. tidak! pasti bukan jim pelakunya! dan kalau polisi tetap keukeuh mencari bukti yang menghubungkan jim dengan pembunuhan sang kapten, maka emily pun memulai penyelidikannya sendiri untuk membuktikan bahwa tunangan yang dicintainya itu sama sekali tidak bersalah!

bagaimanakah hasil penyelidikan emily? berhasilkan ia menemukan bukti yang akan membebaskan jim dari segala tuduhan? jika bukan jim pelakunya, lalu siapa? dan apa yang didapatkan orang itu dengan membunuh paman dari tunangannya?

hmm hmm.. silahkan menebak2, hahaha.. pastinya sekali lagi, ini adalah salah satu cerita agatha christie yang mengasyikkan! can't wait to read her other novels ;)

minggu 19/1 (11:42 am)


misteri2

Tuesday, January 14, 2014

lima sekawan : di pulau seram

five have a mystery to solve
lima sekawan : di pulau seram
enid blyton
gramedia, cetakan keempat belas : april 2012
181 halaman


selasa 14/1 (12:42 pm)

selama ini anne dikenal sebagai anak yang manis, sedangkan george, si tomboi, lebih terkenal sebagai macan yang meledak2 dan cepat sekali naik darah. tapi, apa jadinya kalau anne mulai memperlihatkan taringnya dan berubah dari tikus menjadi macan yang galak? waahh.. pastinya sih hal itu membuat wilfrid, anak sepuluh tahun cucu dari bu layman yang dulu suka mengasuh kakak beradik julian, dick, dan anne, menjadi berkurang ketidaksopanannya dan lebih menurut, haha.. good job, anne!

bu layman menawarkan undangan untuk menginap di rumahnya di atas bukit, sekalian untuk menemani cucu lelakinya, wilfrid, karena ia sendiri harus pergi ke rumah anak perempuannya yang juga adalah ibunya wilfrid untuk mengurus adik wilfrid yang sedang sakit. karena takut tertular, wilfrid belum diperbolehkan pulang ke rumahnya sementara ia tidak merasa tenang meninggalkan wilfrid seorang diri di rumahnya. karenanya bu layman menanyakan apakah julian dan adik2nya beserta george mau menemani wilfrid di pondok kecilnya? keempat anak itu segera mengiyakan begitu melihat betapa indahnya pemandangan dari tempat mereka akan tinggal itu.

walaupun wilfrid anak yang kasar dan suka membangkang, herannya hewan2 itu suka sekali padanya, mereka selalu datang ketika ia memanggilnya dengan peluit kecilnya yang mengeluarkan suara aneh namun menenangkan dan serasa memanggil untuk datang mendekat. bahkan timmy pun cepat akrab dengan wilfrid padahal george sebal dengan anak kecil itu!

suatu hari george dan ketiga sepupunya menyewa sebuah perahu, tapi arus deras yang tidak mereka perkirakan sebelumnya, membuat perahu mereka terdampar di pulau yang mempunyai sebutan sebagai pulau seram, atau pulau berbisik. konon kabarnya di pulau tersebut terdapat banyak harta karun tapi ketika polisi menggeledah seisi pulau itu, mereka tidak menemukan apa2. kini, pulau itu menjadi tempat perlindungan margasatwa yang dijaga oleh penjaga bersenjata api demi mengusir mereka yang berniat mengusik ketenangan di pulau tersebut.

secara tidak sengaja, dick menemukan pintu rahasia di dalam sumur yang menyambung ke sebuah ruangan yang dipenuhi patung2 emas. wah, rupanya memang di pulau itu banyak terdapat harta karun! tak heran para polisi tidak berhasil menemukan apapun, karena letaknya sedemikian tersembunyi. uhuuyy.. lagi2 lima sekawan mengalami petualangan, persis seperti nama perahu yang mereka gunakan yang membuat mereka terdampar ke pulau ini.

tapi ketika perahu mereka terhanyut karena lupa ditambatkan, bagaimana caranya mereka bisa keluar dari pulau seram ini? ditambah lagi para penjaga itu sepertinya tidak main2, mereka telah mendesingkan peluru yang menyerempet ekor timmy. bagaimana jika peluru nyasar itu mengenai salah satu dari mereka?! aahh, keadaan ini jelas amat tidak baik! mereka harus bertindak.

dan oh, apakah itu wilfrid yang datang menyusul dengan perahu? berhasilkah mereka kembali ke daratan dan melaporkan kejadian di pulau seram tanpa tertangkap?

naahh.. tugas kalian untuk mencari tahu dengan membaca buku ini, hahahaha :D

satu lagi seri petualangan lima sekawan yang terasa menyenangkan untuk diikuti ^o^ enid itu perlu diacungi 4 jempol karena ga pernah kehabisan ide!

4 bintang untuk "lima sekawan : di pulau seram".

selasa 14/1 (12:55 pm)

pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh

the mystery of the strange bundle
pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : oktober 2012
296 halaman


selasa 14/1 (12:13 pm)

fatty mempelajari keahlian baru! di masa sekolah semester lalu, ia belajar bagaimana memindahkan suara. bets yang menemaninya yang sedang sakit terkejut ketika mendengar suara ayam dan sapi di kamar fatty, belum lagi ada suara orang tua dari dinding kamar yang meminta sebungkus rokok! hii.. apa iya ada hantu di rumah fatty?! rupanya bukan hantu, melainkan suara fatty. keahlian memindahkan suara ini dikenal dengan nama ventriloquisme. pernah liat pertunjukan dengan menggunakan boneka besar dan seolah2 boneka tersebut yang berbicara? kalau di sini, contohnya itu ria enes dan susan. nah, seperti itulah kemampuan yang sedang diasah fatty.

hobi baru fatty ini membawanya mengerjai pak goon yang sedang menyelidiki rumah pak fellows yang adalah tetangga larry. dari tukang susu langganannya, larry mengetahui bahwa rumah tersebut diobrak abrik pencuri. sayangnya pak fellows juga turut menghilang hingga tidak bisa dimintai keterangan tentang barang apakah yang hilang.

bukan fatty namanya kalau kemudian tidak ikut terjun menyelidiki. berdasar hasil penyelidikan teman2 anggota pasukan mau tahu-nya, fatty berkesimpulan bahwa pak fellows sedang berada di rumah ketika pencuri itu datang. rupanya ia kemudian berlari keluar rumah tanpa sempat bertukar pakaian sambil membawa sesuatu yang diinginkan pencuri yang kemudian mencari ke seluruh penjuru ruangan demi mendapatkan benda yang dibawa pergi pak fellows.

hmm.. seseorang lari2 hanya menggenakan pakaian tidur dan mantel kamar menjelang subuh, tentu akan menarik perhatian. kira2 siapa yang bisa dimintai keterangan ya? dan bagaimana cara mengorek keterangan dari orang yang mungkin melihat pak fellows berkeliaran di pagi hari itu? fatty pun melakukan penyamaran. sialnya pak goon rupanya berhasil menarik kesimpulan yang sama dan berniat menanyai para pekerja perbaikan jalan dan kebetulan pak goon melihat fatty yang sedang menyamar. wah wah, mencurigakan sekali! fatty pun timbul niatan isengnya untuk mempermainkan polisi desa yang ia tahu amat membenci dirinya dan kawan2nya yang selalu selangkah lebih maju dalam memecahkan berbagai peristiwa di daerah tempat tinggal mereka itu.

fatty menemukan karung dan mengisinya dengan batu kemudian berjalan tertatih2 untuk menarik perhatian pak goon yang terpancing dan mengikutinya. fatty lalu membuang karung tersebut ke tepi sungai lalu lari menghindari kejaran pak goon. wah, asyiknya, sudah kebayang nanti kalau matahari sudah meninggi, pastilah pak goon akan kembali lagi ke tempat itu untuk menyewa perahu dan menarik keluar karung yang dibuang fatty, kebayang ga sih bagaimana tampangnya ketika menemukan karung berisi batu?!

kelima anggota pasukan mau tahu ini pun berkumpul untuk menyaksikan peristiwa berharga itu. rupanya hari itu bukan hanya pak goon yang berniat mengaduk isi sungai demi mendapatkan petunjuk, ada orang lainnya yang juga menyewa pengait walau dengan dalih ingin menyelidiki tumbuhan air, hmm.. mencurigakan! tapi tidak ada yang sempat memikirkan hal itu lebih lanjut karena pak goon berhasil mengait sebuah bungkusan keluar dari sungai dan mukanya semakin memerah hingga keunguan ketika ia mengeluarkan lembar demi lembar pakaian beserta perlengkapan macam sepatu dan sarung tangan dari dalam bungkusan itu.

ini pasti ulah anak gendut itu!! pak goon marah sekali dan langsung menuju tempat persembunyian fatty dan memasukkan semua pakaian mungil yang cocok untuk anak lelaki ke dalam baju fatty. fatty berusaha melepaskan diri tapi kalah tenaga karena pak goon yang sedang marah besar memiliki tenaga ekstra. setelah puas, pak goon pun pergi dan anak2 bergegas menolong fatty kembali ke rumahnya untuk berganti pakaian karena pakaiannya basah kuyup dijejali pakaian basah dari sungai.

setelah keadaan tenang dan para anggota pasukan mau tahu kembali berkumpul, mereka menemukan bahwa pakaian yang dengan sukarela diberikan oleh pak goon kepada fatty itu rupanya satu setel dengan sarung tangan merah mungil yang pernah ditemukan fatty ketika ia menyelidiki rumah pak fellows. berkat kejelian bets, mereka mendapatkan sebuah nama, eurikles. apa maksudnya?

tapi petunjuk berharga itu lenyap semua tanpa bekas karena pencuri yang membobol rumah pak fellows rupanya beraksi juga ke rumah fatty dan mengambil semua pakaian yang merupakan petunjuk penting! huaa.. bagaimana bisa mereka ceroboh seperti itu, sekarang apa yang bisa mereka lakukan? ditambah lagi, inspektur jenks, yang merupakan atasan pak goon, berniat menemui fatty sehubungan dengan laporan berlebihan pak goon mengenai suara2 aneh yang didengarnya ketika menyelidiki rumah pak fellows. tapi ketika fatty menyebut nama eurikles, sikap inspektur jenks berubah, ia meminta fatty menjaga kerahasiaan dan tidak memberitahu siapa2 serta menunggunya di rumah karena ia akan datang berkunjung bersama seorang temannya.

hmm.. ada apa sih dengan eurikles? dan siapa sebenarnya pak fellows? mengapa ia terlihat berang ketika fatty menemuinya untuk mengembalikan anak kucing yang ditemuinya di rumah pak fellows serta memberitahunya bahwa polisi ingin tahu barang apa yang telah dicuri dari rumah itu? dan siapakah teman inspektur yang ikut datang berkunjung ke rumah fatty? berhasilkah misteri ini terpecahkan?

tentu saja donks aww, hahahaha.. hanya saja dengan cara bagaimana, gua akan membiarkan kalian mengetahui keasyikannya sendiri :p

again, sejauh ini cerita pasukan mau tahu belum membuat gua kecewa karena seru aja rasanya mengikuti petualangan fatty dan kawan2, ditambah lagi keisengan mereka mengerjai pak goon :)) masih ada beberapa seri pasukan mau tahu lainnya yang belum dibaca, mudah2an masih asyik juga :D

4 bintang untuk pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh.

selasa 14/1 (12:38 pm)


misteri1

Monday, January 13, 2014

a real christmas this year

a real christmas this year
karen lynn williams
clarion books, 1995
164 halaman


senin 13/1 (9:45 pm)

ini bukan kali pertama gua baca buku ini, kalau ngga salah sih sama pas baca ulang desember 2013 lalu, maka udah ketiga kalinya gua membaca buku yang satu ini. ceritanya sih mungkin biasa aja, tapi gua suka dinamika dalam keluarga megan.

megan adalah anak sulung dari tiga bersaudara, ia mempunyai satu adik perempuan dan satu adik lelaki. tahun ini megan amat bersemangat menyambut datangnya natal, karena untuk pertama kalinya sejak kevin lahir, mereka akan kembali bisa merayakan natal dengan 'normal'. papa telah berjanji akan memasang pohon natal asli, dan bukan lagi yang dari plastik. dan mama akan membuat kue2 natal. tidak hanya itu, megan juga telah menabung uang cukup banyak dari kerja sampingannya sebagai baby sitter karena ia ingin ikut ski trip yang akan diadakan sekolahnya. wah, tahun ini akan menjadi natal yang menyenangkan bagi mereka sekeluarga.

tapi harapan itu tinggal harapan karena suatu hari sepulang megan dari sekolah, ia mendapati kenyataan bahwa kevin, sang adik yang multiple-handicapped telah membuang alat pendengarannya dan juga kacamatanya hingga memerlukan biaya cukup besar untuk perbaikan, hal ini membuat seluruh rencana yang telah disusun menjadi berantakan. bukan itu saja, kelakuan kevin kembali ke masa uring2an dan hanya lagu "1812 overture" yang diputar dengan volume keras lah yang bisa sedikit menenangkan kevin.

huuff.. seakan belum cukup menghadapi ketegangan di rumah antara kedua orangtuanya, megan pun dipusingkan oleh perselisihannya dengan amy, teman baiknya. masa sih natal yang telah dinanti2 akan berakhir dengan tidak bahagia?!

tiba2 suatu ide melintas dalam benak megan, bukankah ia punya cukup uang yang niatannya akan dipergunakan untuk ski trip? kenapa ia tidak menggunakan uang itu untuk membantu perbaikan kacamata dan alat pendengaran kevin saja?! memang sih itu artinya ia tidak akan bisa ikut ski trip, tapi bukankah kebahagiaan anggota2 keluarganya adalah kebahagiaan dia juga?

jadi, apakah tahun ini megan bisa merayakan natal seperti yang diimpikannya? nahh.. silahkan baca sendiri, hahaha.. ceritanya menyenangkan kok, dan lagi ada banyak part yang menurut gua bagus karena in a way sebagai pembaca, kita diajak untuk merasakan frustrasinya megan.. di satu sisi ia sayang sama adik lelakinya itu, tapi di sisi lain sempat timbul keinginan dalam hatinya agar kevin itu dimasukkan saja ke sekolah khusus agar keseharian mereka yang 'normal' tidak terganggu. 

lalu mengenai peribahasa 'sudah jatuh tertimpa tangga', tapi di mana ada hati yang terus berharap, keajaiban pun masih terjadi ;)

berikut beberapa kutipan dari bukunya..

page 113

page 114

terkadang ya, niatan yang baik sekalipun kalau cara penyampaiannya salah, atau disampaikan pada waktu yang kurang tepat, maka seringkali sasarannya itu 'meleset' dan hasil akhirnya ngga seperti yang kita harapkan.

gua suka adegan di atas karena ada banyak hal yang terjadi dalam satu waktu.  pertanyaan polos lisa, "will he come back?" itu bisa jadi ungkapan anak yang seringkali melihat orangtuanya bertengkar lalu salah satu dari mereka pergi meninggalkan rumah, gua rasa wajar kalau kemudian ada rasa cemas yang timbul di hati anak itu, "bagaimana kalau suatu hari nanti mereka pergi dan tidak akan pernah kembali lagi?!", hmm..

dan tentang megan ketika dia bilang, "i didn't mean those things. i never meant to say them."

sering ngga sih ketika sedang dikuasai rasa marah, kita tuh mengatakan hal2 yang dalam kondisi 'normal' mungkin ngga akan pernah kita katakan? sayangnyaa.. kata2 itu sekali diucapkan, maka ngga segampang itu membuat mereka yang mendengarnya untuk melupakannya begitu saja. terkadang kata2 itu melekat sedemikian kuatnya dan menyakiti sedemikian dalamnya. jadi, be wise with what comes out of your mouth, eh? :)

di suatu masa dalam tahun2 mendatang gua rasa gua akan kembali membaca ulang buku ini :D

senin 13/1 (10:16 pm)

sapta siaga : menerima tanda jasa

look out, secret seven 
sapta siaga : menerima tanda jasa
enid blyton
gramedia, cetakan kelima : mei 2012
131 halaman


senin 13/1 (9:18 pm)

membaca buku sapta siaga yang satu ini membuat gua 'tersadar' kalau gua ngga terlalu suka seri sapta siaga-nya enid XD karena gimana yaa.. baca buku2nya sapta siaga itu ntah kenapa bikin kantuk itu lebih cepat datang menyerang :p padahal nih buku khan tipis yaa.. tapi baru baca beberapa lembar awal aja kadang mata udah kriyap kriyep githu :))

anywayy.. cerita kali ini berputar di menghilangnya medali2 yang dimilikinya oleh jenderal branksome, tetangganya colin. sapta siaga bertekad mencari tahu keberadaan medali2 tersebut. bukan, bukan karena ketujuh anak ini tergiur akan hadiah yang ditawarkan sang jenderal bagi siapa saja yang berhasil mengembalikan medali2 yang penuh kenangan itu, tapi lebih karena anak2 ini merasa tertantang untuk menyelesaikan kasus yang mana polisi sekalipun belum berhasil menyusuri jejak pencuri medali tersebut! 

hohoho.. lihat sajaa.. kalau sapta siaga berhasil menemukan medali2 itu, pastinya colin akan diberi kehormatan untuk menyerahkannya langsung ke jenderal. tapi darimana mereka harus memulai penyelidikan? ahh.. mungkin dari hutan bramley boleh juga nih, karena sapta siaga ingin melakukan hal yang berguna, yaitu mencegah pencurian telur burung yang marak terjadi belakangan ini! daann.. tidak disangka mereka bertemu dengan tersangka pencurian yang membeberkan bahwa ia tahu di mana medali2 itu disembunyikan.

hmm.. rupanya pencuri ini lebih dari satu orang dan komplotan ini mulai pecah karena yang satu berniat menguasai hasil curiannya tanpa membaginya dengan yang lain. jelas aja ini bikin anggota pencuri lainnya sewot. 

tapi di mana sebenarnya medali2 jenderal branksome disembunyikan? berhasilkan sapta siaga mendapatkannya kembali? lalu pencuri2 itu, apakah mereka akan ditangkap? dengan buku setebal 131 halaman ini, kalian akan mendapatkan semua jawabannya :D

naahh.. sepertinya gua musti puasa baca sapta siaga dulu untuk sementara waktu nih, siapa tau dengan mood yang berbeda, gua bisa kembali menikmati serial ini :p

senin 13/1 (9:34 pm)

scene on three 14 : misteri sittaford



senin 13/1 (8:52 pm)

sepertinya gua harus mulai menyiapkan kertas dan bolpen di samping buku yang sedang gua baca karena terkadang ada beberapa kalimat ataupun adegan yang terasa menggelitik, baik untuk dikomentari atau disetujui, hahahahaha :p

nahh.. untuk tayangan non review perdana di tahun 2014 ini (gua somehow ngga terlalu suka kata 'meme', ngga tau kenapa, mungkin karena kata itu sendiri ngga jelas artinya :D), gua memilih buku dari agatha christie yang baru kelar gua baca, misteri sittaford.

untuk me-refresh ingatan mengenai scene on three, simak yang berikut ini yaa..


Cara berbagi lewat Scene on Three :

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 

berikut adegan yang gua pilih..


adegan di atas menurut gua menarik.. terkadang ketika dihadapkan pada dua pilihan, mau ngga mau orang yang ada di sekitar pasti akan membanding2kan dan seringkali mereka merasa lebih tahu mana yang terbaik buat kita, padahal apa yang kita rasakan dan kita butuhkan itu mungkin saja berbeda dengan pandangan orang, bukan begitu?

gua rasa penting untuk mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang kita inginkan dan butuhkan agar ketika orang lain memberikan pendapat mereka, kita ngga lantas menjadi gamang dan mengambil keputusan yang salah. 

jempol buat emily yang tetap memutuskan untuk bertahan di sisi jim, meskipun banyak yang mungkin berpendapat bahwa charles lebih sepadan untuknya. tapi emily tahu bahwa dia membutuhkan orang yang bisa diurusnya untuk menjadi pasangannya, sedangkan charles bisa mengurus dirinya sendiri dan keberadaan emily di sisinya tidaknya berpengaruh banyak terhadap kemajuan dirinya secara pribadi. sementara jim? jim pasti akan tetap meringkuk di penjara walaupun dirinya tidak bersalah *upss.. jadi spoiler, hahahaha :)) *

okee dokee.. jangan lupa ada giveaway-nya juga lhoo di edisi scene on three kali ini, silahkan langsung meluncur aja ke blognya bzee ^o^

ciaaooo..

senin 13/1 (9:03 pm)

Wednesday, January 8, 2014

agatha christie : cards on the table

cards on the table
kartu2 di meja
agatha christie
gramedia, cetakan kelima : maret 2012
327 halaman


rabu 8/1 (7:18 pm)

sejauh ini, gua masih menemukan keasyikan membaca buku2nya agatha christie.. keasyikan yang sama gua temukan dalam membaca "cards on the table", menarik bagaimana hercule poirot bisa 'menyimpulkan' tentang karakter dan perilaku seseorang dari cara mereka bermain bridge, hingga akhirnya sampailah ia pada kesimpulan tentang siapakah di antara para tersangka yang adalah pembunuh dari mr. shaitana yang terkenal nyentrik dan punya hobi menyelenggarakan pesta2 luar biasa, sekaligus kolektor barang2 ga lazim, dan 'koleksi' teranyarnya adalah para pembunuh yang tidak pernah tertangkap yang dipertemukannya dengan hercule poirot dan beberapa petugas kepolisian dari scotland yard dalam acara jamuan makan malam yang diakhiri dengan acara main bridge dan berujung pada kematian sang tuan rumah.

rupanya, salah satu dari para tamunya itu ada yang merasa bahwa mr. shaitana menjebaknya dalam undangan makan malam itu dan berniat menyerahkannya ke pihak berwajib akan kejahatan yang pernah dilakukannya tapi selama ini tidak pernah terungkap hingga ia lolos dari hukuman.

hmm.. siapa kira2 pelakunya ya?

dan kematian mr. shaitana itu hanya merupakan awal, karena seiring penyelidikan poirot, ada korban lain yang juga ditemukan meninggal, huaa.. rupanya sang pembunuh benar2 panik!

dan sekali lagi, sebagai pembaca, gua diajak menelusuri masa lalu dari tiap tersangka. seperti biasa, dari lembar demi lembar yang gua baca, biasanya sih 'tertuduh' gua itu selalu berubah2, ahahahaha :))

memang harus mengacungkan jempol buat kepiawaian agatha dalam menggiring pembacanya untuk menarik kesimpulan tertentu lalu memaparkan hasil yang sama sekali berbeda dari petunjuk2 yang ditebarkannya sepanjang cerita :D

can't wait to read another of her stories.. mudah2an sale gramed masih akan terus berlanjut dan gua pun bisa menemukan buku2 agatha lainnya di obralan ^o^

4 bintang untuk "cards on the table" ;)

rabu 8/1 (7:28 pm)

Tuesday, January 7, 2014

liebster blog award

picture is taken from Lina's blog

selasa 7/1 (9:23 am)

yukk marii ngerjain tag ini sebelum kelupaan XD dapat dari lina yang nge-tag gua di blognyaa.. intinya sih "liebster award" ini serba 10, jawab 10 pertanyaan, kasih tau 10 random facts tentang diri kita, bikin 10 pertanyaan untuk dilemparkan ke 10 blogger lainnya :))


~.*.~

berikut daftar pertanyaan yang lina berikan..

Siapa karakter paling menyebalkan yang pernah kamu baca selama ini?

pertanyaan2 ini gampang2 susah untuk dijawab, haha.. hmm.. tapi i guess.. gua akan menjawabnyaa.. thomas and annika, tetangganya pippi di serial pippi long stocking :p kenapa? well, pas baca2 ulang serial pippi di usia yang udah bertambah banyak, ngga tau kenapa gua jengkel bener ama thomas and annika yang terlalu goody-goody.. and somehow gua ngerasa pippi itu menjadi 'nakal' karena ingin 'menyenangkan' dan membuat kagum kedua teman barunya yang merangkap sebagai tetangga sebelah rumahnya itu!


Sebutkan 1 buku yang menurut kamu overrated?

"tuesdays with morrie"-nya mitch albom :) gua tau banyak yang suka ma nih buku, but somehow buku itu ngga terlalu 'klik' buat gua.. and gimana cara menjelaskannya ya? in a way for me personally, dengan penjabaran yang mitch lakukan di buku itu, berasa lebih 'kena' andai yang nulis itu adalah anggota keluarganya morrie atau memang orang yang mendampingi morrie di masa2 sakitnya.


Sebutkan 1 buku yang menurut kamu underrated?

hmm.. apa yaa? pas aja dhe, boleh khaann? :p


Apakah tahun ini ada buku yang gagal diselesaikan? Mungkin bukunya tidak sesuai harapan, terlalu membosankan, dll.

"mairleon the magician" by patricia wrede, kalau ngga salah sih itu bukunyaa.. ngga tau kenapa belets bangets baca buku yang satu ini.. udah 50-60an halaman gua baca tapi ceritanya majunya lambaaaaaaat bangets.. jadi gua tinggal aja dhe, mending baca buku2nya enid XD entah apa gua akan melanjutkan baca buku itu sampai selesai atau lagi2 masuk dalam onggokan buku yang tidak pernah diselesaikan bacanya :))


Genre buku favorit kamu?

selama ini gua hanya membagi buku menjadi dua, yaitu buku anak dan buku dewasa, buku dewasa itu yang romans2 (teenlit yang isinya cinta2an mulu juga gua masukin ke sini) and jelass.. fave gua adalahh.. buku anak2 :)) eh lalu yang macam agatha christie masuk mana yaa? otree.. berarti kategorinya seharusnya ada 3 : buku anak, buku romans and buku lainnya, ahahahaha.. ya intinya sih gua lebih suka baca buku2 yang isinya tentang keluarga, but not in a romantic way, lebih ke arah kebersamaan, kehangatan.. lalu petualangan, misteri dan semacamnya..


Pernahkan kamu mengalami book hangover dan buku apa yang berhasil membuatmu mengalami hal tersebut?

book hangover itu maksudnya yang bikin susah move on ke buku lain saking kesemsemnya ama buku yang dibaca ya? hmm.. belum pernah sampai segitunya sih, hahaha.. tapi abis baca "the fault in our stars", gua ngerasa energi gua itu terkuras yang bikin gua jadi belets bangets baca buku2 setelah itu, ngga tau kenapa.. padahal gua ngga demen2 amat ma tuh buku, hanya saja sepanjang baca berasa energi gua tersedot githu. energi, bukan emosi..


Berapa rata-rata buku yang mampu kamu baca dalam sebulan?

amat sangat tergantung mood :))


Apakah ada karakter pendukung yang menurut kamu lebih keren dari karakter utama?

kalau ngomongin telenovela sih gua akan dengan cepat menjawab, "graciela" di "esmeralda", ahahahaah.. tapi kalau buku.. hmm.. ngga tau XD


Selama mereview, pernah nggak, ketemu buku yang merasa sulit di review?

adaaa.. semenjak bikin blog buku dan berjanji pada diri sendiri untuk selalu mereview setiap buku yang udah gua baca, sejauh ini ada 3 buku yang walau sekian bulan udah berlalu tapi belum juga berhasil gua bikin reviewnya.. yang pertama adalaahh.. "the magicians of caprona"-nya diana wynne jones, padahal gua sukaa bangets ma ceritanya and itu buku pertama yang gua kasih bintang 5 tapi i just didn't know where to begin the review and how to review it jadi sampai sekarang belum juga bikin dhe and ceritanya tinggal samar2 aja teringat, hikss.. kedua buku lainnya adalah dua buku pertama dari trilogi bartimaeus, "amulet of samarkand" sama "the golemn's eyes", kalau ngga salah itu judulnyaa.. berkebalikan ama "the magicians of caprona", dua buku barti ini ngga bisa gua review karena gua ngga terlalu suka, huahahahaha.. bingung buku setebel itu mau di-review model apa karena kesimpulan gua setelah baca 2 buku itu hanya satu,  yaitu : nathaniel dan balas dendam, udah itu doanks :p


Kamu termasuk penimbun buku atau tidak? Seberapa parah kalau lagi ada obralan?

haha, yoii soal penimbun :)) and ngga parah2 amat kok kalau pas ada obralan karena bawa cash-nya dikits and ada bagusnya juga kartu kredit maupun debit sering ga bisa jalan di tempat obralan karena ga dapat sinyal, huahahahahaha, jadi kantong aman dhe :p

~.*.~

and sekarang 10 random facts about me..

~. i like something in between, ga terlalu tertarik ma yang ekstrim2 karena buat gua setiap hal itu ada plus minusnya

~. i like questioning, bertanya2 itu membawa keasyikan tersendiri and jawaban itu hanya sekedar bonus, hahahaha.. karena gua pikir untuk mendapatkan jawaban ya terlebih dulu harus ada pertanyaan khan, karena tanpa pertanyaan, maka ngga bisa disebut jawaban, hanya sekedar informasi ajaa

~. gua sukaa quotes.. kadang kalau lagi down and merasa ngga ada orang di sekitar yang mengerti, i turn to quotes karena at times those words help me and membuat mood gua menjadi enakan

~. gua suka membaca blog2 personal yang menceritakan kehidupan sehari2 karena from their stories, i learn something, and sering juga ngerasa ada yang mirips dengan situasi yang gua hadapi and again, it helps.. if they can survive, why can't i? sayang, sekarang banyak blog yang mati suri karena blogger-nya pada hijrah ke facebook atau bb *sigh*

~. i'm moody, amat sangat moody.. and seringkali merasa mood itu yang menguasai gua dan bukan gua yang menaklukkannya XD

~. i consider myself a very introvert person, banyak hal yang gua pilih untuk gua simpan sendiri, walau yaahh.. if i feel comfortable with someone, endingnya curhat juga, huahahahahaha :p

~. writing for me is a theraphy for my soul, it helps untuk menyalurkan keluar emosi yang terkadang sedemikian menyesakkan.. i miss that kind of writing, karena belakangan ini udah jaraaang sekali melakukannya

~. gua suka menyimpulkan.. menurut gua, everyone has a story to tell and apa yang mereka bagikan itu bagian dari kepingan puzzle yang membantu gua untuk memahami sesuatu secara lebih 'utuh'

~. salah satu hal yang membuat gua suka membaca buku anak karena it's kinda a reminder for me bahwa bahagia itu sebenernya simpel kok, and children are so amazing untuk mengingatkan orang2 yang lebih tua hal2 penting yang terlupakan seiring dengan pertambahan usia

~. gua masih belum bisa menyeimbangkan antara being attached and detached at the same time

~.*.~

sekaraangg.. daftar 10 pertanyaan gua ^o^

1. siapa pengarang fave kalian? dan mengapa kalian menyukai karyanya dan apa yang membedakan dia dengan pengarang lainnya?

2. buku apa yang paling berkesan? dan apa yang membuatnya berkesan?

3. kalau kalian bisa 'menyicipi' sekilas kehidupan dari tokoh yang pernah kalian baca di buku, karakter mana yang akan kalian pilih, dan mengapa dia?

4. buku mana yang sekelar membacanya membuat kalian merasa telah membuang waktu dengan percuma? apa yang membuat kalian merasa demikian?

5. kutip donks bagian paling berkesan dari buku yang pernah kalian baca, dan mengapa kalian memilih kalimat itu?

6. hal2 apa yang menjadi pertimbangan dalam membeli buku? dan seberapa penting rekomendasi dari orang yang telah membaca buku tersebut?

7. ada buku tertentu yang saking kerennya bikin kalian berharap kalian bisa menulis seperti itu?

8. buku mana yang endingnya paling mengecewakan? 

9. rekomendasiin donks 3 buku yang menurut kalian perlu bangets dibaca untuk sebanyak mungkin orang, dan kenapa kalian memilih ketiga buku itu?

10. if you could meet your fave author, dead or alive, siapa orangnya, dan pertanyaan apa yang paling ingin kalian ajukan ke dia?

~.*.~

daaann.. kesepuluh orang yang 'beruntung' (atau malah ngga, hahaha :p) mendapatkan lemparan kesepuluh pertanyaan di atas adalaahh..


~.*.~

sekian postingan kali inii :D sampai jumpaa..

selasa 7/1 (11:59 am)