Wednesday, January 1, 2014

agatha christie : pembunuhan abc

the abc murder
pembunuhan abc
agatha christie
gramedia, cetakan kedelapan : agustus 2012
341 halaman


rabu 1/1 (3:15 pm)

emang yang namanya nulis review itu ga boleh dibarengin ma nelpon ya, haha.. makanya niat nulis dari jam 3:15 pm tapi baru di 4:20 pm ini bisa bener2 ngetik :p

anywayy.. kalau ada yang merhatiin, nih buku (dan beberapa buku lainnya) gua kasih label "2013 in 2014 books", maksudnya apaan tuh? itu artinya buku2 yang gua baca di tahun 2013 tapi baru dibikin review-nya di tahun 2014, haha.. sebenernya sih ga masalah juga kalau gua tetap memasukkannya sebagai "2013 books" ataupun "2014 books" karena toh no one will know juga but in a way i feel like i kinda cheated myself in doing so, jadi mending bikin label baru aja dhe :p

berkat diskonan gramedia di sana sini, gua menemukan buku agatha yang berjudul "pembunuhan abc" ini atau yang dalam bahasa aslinya berjudul "the abc murder", dan pas ngeliat temen gua lagi mejeng cover nih buku sebagai profile pic di whatsapp-nya, gua iseng nanya apa dia lagi baca nih buku and dia jawab iya, jadilah dengan penuh semangat gua mengajak dia untuk baca bareng and memposting review-nya bareng, awalnya sih mau diposting di tanggal 30 desember 2013 tapi karena satu dan lain hal, baru berhasil diposting di tanggal 1 januari ini, hahaha..

'pembunuhan abc' ini sendiri cukup menarik sebenarnya karena si pembunuh memilih target sasaran berdasar nama keluarga dan nama kota di huruf yang sama. pembunuhan pertama bermula dari terbunuhnya mrs. archer di andover yang berlanjut ke pembunuhan betty barnard di bexhill dan ditutup dengan ditemukannya sir carmichael clarke di churchton.

pembunuhan ini menarik perhatian hercule poirot dikarenakan sebelum menjalankan aksinya itu, sang pembunuh mengirimkan surat tantangan kepada poirot dengan 'harapan' bahwa detektif belgia yang terkenal dengan sel2 abu2nya ini bisa menghentikan aksinya agar tidak berlanjut tapi poirot selalu selangkah di belakang sampai ketiga pembunuhan terjadi dan ia memutuskan untuk mengumpulkan anggota keluarga dari masing2 korban untuk membahas apa yang mereka ketahui tentang korban, detail terkecil sekalipun yang mereka anggap tidak berguna, amat mungkin justru bermanfaat dalam memberikan titik terang bagi penyelidikan poirot.

di tempat berbeda, ada seorang veteran perang penjual stocking yang selalu berada di kota tempat terjadinya pembunuhan, dan ketika terjadi pembunuhan keempat, coba tebak.. dia juga ada di dalam bioskop yang sama dan jaket yang dipakainya itu berlumuran darah walau ia tidak bisa mengingat apa yang dilakukannya. mungkinkah ia yang melakukan pembunuhan keji itu? tapi, apa motifnya dalam melakukan pembunuhan yang terasa 'random' itu? ataukah ada tersangka lain yang ada dalam pikiran poirot? berhasilkan poirot memecahkan mister pembunuhan ini, ataukah akan jatuh korban kelima?!

nahh.. silahkan baca sendiri untuk mengetahui kisah lengkapnya, hahaha..

bisa dibilang ini adalah buku ketiga agatha christie dengan tokoh hercule poirot yang gua baca, buku kedua itu "cards on the table" yang belum sempat gua tulis review-nya. dan kali ini yang berperan sebagai pencerita adalah kapten hastings yang adalah teman dari hercule poirot.

belum terlalu banyak bukunya agatha yang gua baca tapi dari yang udah gua baca, gua salut sama keberagaman sudut pandang yang dia pakai untuk menyuguhkan kisah pemecahan misteri pembunuhan ini! jempol dhe!

dan membaca buku2nya agatha itu mau ngga mau bikin gua jadi bertanya2, gimana yaa proses penulisannya dia itu dari awal hingga jadi satu cerita utuh yang sekarang gua nikmati untuk dibaca? *hmm*

4 bintang untuk "pembunuhan abc", can't wait to read more of agatha's books ;)

my friend's post can be read in here.

rabu 1/1 (4:37 pm)

5 comments:

  1. masih belum punya 1 pun buku2 Oma Agatha, jd penasaran setelah baca ripiumu, ndah, soal gaya penulisan dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mulai baca dhe, Lin, siapa tau jadi ngefans, hahaha :D

      Delete
  2. Bener bangeeeet, baca ulang buku-bukunya Agatha Christie bikin ketagihan kepingin baca lagi dan lagi. Entah kenapa, mungkin ini sebabnya buku2 dia jadi bacaan yang everlasting, udah beda abad tetap terasa enak aja dibacanya :D

    Yang jelas tahun ini ya..gw udah punya cukup amonisi untuk baca dan ngeresensi Agatha Christie. Yaiy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. gua mau ngga mau jadi mikir.. akankah harry potter mampu bertahan hingga 50-100 tahun sejak diterbitkan? :D

      horee.. gua juga masih punya beberapa buku agatha lainnya yang belum dibacaa :))

      Delete
    2. Harry Potter? Bakal sama bertahannya dengan karya2 Agatha Christie. Bahkan mungkin lebih fantastis.

      Delete

~.thank you for coming.~