Friday, November 1, 2013

petualangan di laut sunyi

 the sea of adventure
petualangan di laut sunyi
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : november 2011
331 halaman


jumat 1/11 (1:28 pm)

seri petualangan jack, philip, dinah dan lucy-ann beserta kiki sang burung kakatua ini juga termasuk salah satu serinya enid yang gua suka :D kemaren ini sempet dipinjemin buku "petualangan di gunung bencana" ma keponakan gua yang covernya masih jadul, haduhh.. gua asli ngga sanggup baca, huahahahahaha.. karena tuh buku terbitan tahun 1970an boo.. bayangkan, udah 30 tahun lebih! and mungkin hanya imajinasi gua semata or gimana, tapi setelah mencoba membaca lembar2 pertama, gua memutuskan untuk ngga menyelesaikannya karenaa.. badan gua kok jadi gatal2 yaa, ahahahahaha :))

i don't mind old books, asalkan.. buku itu 'menua'-nya di tempat gua, huehehehehehe :p karenanya gua menyadari kalau gua itu tipe yang kalau buku2 lama, lebih memilih untuk melihat kondisinya sendiri sebelum memutuskan untuk membelinya :)

yaakk.. balik lagi ke review tentang buku ini. 

keempat anak yang gua sebutkan di atas terkena campak hingga mereka tidak bisa kembali ke sekolah walaupun liburan telah usai. atas saran dokter, ibunda philip dan dinah berniat mengirimkan keempat anak ini untuk berlibur di daerah pantai karena sinar matahari baik untuk kesehatan mereka yang sempat drop. sayangnya, sang ibu tidak bisa menemani mereka karena sudah terlebih dulu menerima pekerjaan baru. yang akan menyertai mereka adalah seorang pengasuh, huaa.. anak2 ini protes, mana asyiiik berlibur kok ditemani ama pengasuh! lain hal-nya kalau 'pengasuh'-nya itu adalah bill.. sayangnya bill udah beberapa waktu menghilang tanpa kabar, hikss..

philip dengan 3 tikus peliharaannya dan jack dengan kiki sepakat memberikan bu lawson, sang pengasuh, 'preview' akan kondisi yang akan dihadapinya kalau ia menerima kerjaan untuk mengasuh 2 pasang kakak beradik ini. dan bu lawson tidak tahan menghadapi kiki yang hobi mengucapkan beragam macam kata serta menirukan suara peluit kereta api, ditambah tikus?! alamaaakk.. makasih dhe, mending cari pekerjaan lain ajaa.. 

ibunda dinah lalu berniat menitipkan mereka pada ekspedisi yang dipimpin temannya, sayang beribu sayang temannya itu kecelakaan hingga ekspedisi terpaksa dibatalkan. nah lhoo.. jadi gimana nihh? ehh, ga disangka bill menelpon bu mannering dan berkata akan mampir ke rumah. anak2 bersemangat menunggu tapi sampai jam 11 malam, bill belum juga datang. 

ketika bill akhirnya datang, ia membawa berita bahwa dia diperintahkan atasannya untuk menghilang sementara waktu karena selama setahun belakangan, bill sibuk memburu jejak kawanan penjahat hingga atasannya kuatir ia telah menjadi terlalu dekat hingga penjahat2 tersebut terusik dan berniat melenyapkannya. suatu solusi pun ditemukan, heyy.. mengapa bukan bill saja yang menjadi pengasuh mereka selama liburan? bill khan bisa menyamar sebagai ahli ornitologi, orang yang hobi mengamati burung, penyamaran yang sempurna, karena pulau yang mereka tuju memang banyak sekali ragam burungnya.

bill bertemu dengan anak2 di stasiun kereta lalu mereka menuju tempat berlibur dan sempat berganti kereta lalu melanjutkan perjalanan dengan perahu motor. bekal makanan yang mereka bawa sungguh banyak, bisa untuk liburan nyaman selama setengah bulan lebih tanpa perlu kuatir kelaparan. mereka juga membawa selimut dan tenda, asyiknyaa makan dan tidur di alam terbuka.

saat bill dan anak2 lelaki membersihkan diri di pantai, dinah dan lucy-ann sibuk menyiapkan tempat tidur mereka semua. tiba2 terdengar suara pesawat terbang dan di kejauhan sepertinya pesawat itu menjatuhkan sesuatu tapi karena jarak yang teramat jauh, ditambah kedua anak perempuan ini tidak bisa menemukan teropong jadi mereka tidak bisa menebak benda apakah yang dijatuhkan dari pesawat itu.

ketika dinah dan lucy-ann melaporkan mengenai pesawat terbang itu ke bill, bill merasa heran.. pulau tempat mereka berlibur dan pulau2 di sekitarnya itu bukanlah termasuk daerah yang biasa dilalui pesawat komersil, ditambah lagi, apakah yang dijatuhkan pesawat itu ke laut, hmm.. ini perlu penyelidikan khusus! bill secara rutin melapor ke markas pusat supaya keberadaannya diketahui, nanti orang dari markas akan menghubungi ibunda philip agar ia tidak cemas dan bisa fokus pada pemulihan kesehatannya sejak positif tertular campak dari keempat anak tersebut.

keesokan harinya bill memutuskan mengecek pulau2 sekitar dengan perahu motornya seorang diri, ia menyisir pulau2 tapi hasilnya nihil. malamnya dikuatirkan badai yang sempat tertunda akhirnya datang juga. bill yang ingin mengirim berita ke markas, memindahkan perahu motor mereka untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. karena terlalu fokus pada pengiriman berita, ia tidak mendengar kehadiran dua orang lain yang memukulnya hingga pingsan. ternyata keduanya bagian dari komplotan penjahat yang selama ini diincar bill, yang membuat atasannya mengutusnya untuk menghilangkan diri, aiihh.. apa sih yang mereka lakukan di pulau terpencil ini?

anak2 yang tidak mengetahui kepergian bill mengira ia ketiduran di perahu. pas mereka mengecek perahu, ternyata bill tidak ada di sana, tidak hanya itu.. radio beserta pemancarnya dirusak, demikian juga dengan mesin perahu motor mereka, waduuhh.. gimana caranya anak2 ini bisa bertahan? apakah bill sempat memberitahu rekannya mengenai di mana keberadaan mereka? kalau tidak, ini sungguh gawat, dengan apa mereka bisa kembali pulang?

badai menerbangkan tenda mereka. ada untungnya juga, karena tanpa sengaja justru philip jadi menemukan lubang tempat burung puffin bersarang yang bagus sekali menjadi tempat persembunyian mereka. kedua penjahat yang balik untuk mengecek dan menyisir pulau untuk mencari keberadaan orang lain yang dipercaya sebagai rekan bill, kembali dengan tangan kosong. baru sesaat bernapas lega, keempat anak ini harus kembali tegang menyadari ada kapal lain menuju pulau mereka, tapi tampaknya kali ini yang datang hanya seorang diri. hmm, sepertinya ini akal licik penjahat yang ingin memaksa mereka keluar dari persembunyian lalu menyekap mereka semua bersama bill. rencana pun disusun, si penjahat tunggal dijebloskan ke lubang persembunyian lalu mereka melarikan perahu motornya. 

apa yang harus dilakukan sekarang? mereka bisa saja kembali pulang, tapi bagaimana dengan bill? mereka berempat setuju bahwa mereka harus menyelamatkan bill. seperti yang diduga, ada perahu motor lain yang datang kemudian dan membebaskan orang yang mereka jebloskan lalu perahu melaju membelah air menuju ke pulau mereka tinggal. anak2 mengikuti dalam jarak aman karena yakin di sanalah mereka menyekap bill.

di tengah jalan, tiba2 terpikir bahwa lebih baik mereka memisahkan diri dan menjangkau pulau terdekat saja, karena sama sekali menyerahkan diri masuk ke kawasan musuh tanpa rencana matang. di pulau yang mereka tempati, mereka menemukan laguna rahasia yang rupanya menjadi tempat penyimpanan senjata yang diseludupkan untuk kemudian dijual ke negara2 yang sedang berperang. huaahh.. rupanya ini yang dijatuhkan pesawat! malam harinya mereka berniat menyelamatkan bill. dinah dan lucy-ann ditinggalkan di perahu, sementara jack dan philip berenang menuju geladak. ternyata benar, bill disekap di kapal yang ukurannya lumayan besar itu, asyik juga kalau mereka berhasil membawa pergi kapal itu hingga para penjahat di pulau tidak akan bisa melarikan diri ke manapun.

namun horace, orang yang mereka kira komplotan penjahat, orang yang mereka jebloskan ke lubang persembunyian, merusak rencana dengan berteriak marah ketika melihat anak yang mendorongnya masuk ke dalam lubang. teriakannya itu membangunkan penjaga yang udah tertidur pulas. 

terpaksa dhe bill dan jack serta philip berenang kembali ke perahu motor horace dan mereka melajukan perahu motor secepat yang dibisa dan kembali ke tempat anak2 sebelumnya berlabuh. bagus sekali, mereka kehabisan bensin! gimana cara mereka menyelamatkan diri?

bisakah bill dan keempat anak tersebut kembali dengan selamat? lalu apa yang terjadi dengan para penjahat itu? silahkan baca sendiri keseruannya dalam buku yang satu ini yaa :))

aahhh.. membaca buku2nya enid blyton itu memang menyenangkan yaa.. ada serunya, ada tegangnya and bikin ngiler dengan makanan2 yang menurut lucy-ann, "terasa lebih lezat bila dimakan di luar rumah", hahahaha.. padahal yang dimakan tuh kadang cuman makanan kalengan tapi ga tau kenapa berasa nikmat ajaa githuu.. 

pastinya ini ngga akan menjadi buku terakhir enid yang gua baca di tahun ini :D karena gua masih ada stok beberapa buku lainnya, ditambah lagi buku2nya enid juga selalu menyenangkan untuk dibaca ulang :p

4 bintang untuk 'petualangan di laut sunyi'.

jumat 1/11 (4:51 pm)

3 comments:

  1. buku lama yg bikin gatal2. Banyak kutunya berarti ndah :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. kayanya sih githu, Lin :)) mana keponakan gua pakai acara ngambeks pula karena udah dipinjemin eh tapi ngga dibaca :p

      Delete
  2. Huwaaaa buku lama! Saya suka buku lama >.<
    Belum pernah baca serial yang ini ._. Huhuhuhu

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~