Saturday, February 14, 2015

dark love

dark love
ken terate
gramedia, september 2012
241 halaman


sabtu 14/2 (8:20 am)

kehamilan.. tumbuh kembangnya janin dalam rahim seorang wanita harusnya menjadi saat2 yang membahagiakan bagi pasangan yang berperan aktif dalam terbentuknya janin tersebut. 

sekarang coba bayangkan bila berita kehamilan tersebut harus didengar oleh remaja 17 tahun yang jangankan telah bersuami, tapi baik teman2 maupun keluarganya bahkan tidak ada yang tahu ia menjalin hubungan spesial dengan lawan jenis!

adalah kirana, siswi cerdas anggota tidak resmi grup band hi 4 yang terlibat cinta dengan salah satu personil band tersebut dan menyebutnya dengan 'my prince' dan sepanjang cerita pembaca diajak menebak2 siapakah dari ketiga cowok anggota band hi 4 yang merupakan ayah dari janin yang dikandung kirana.

kirana jelas galau ketika mengetahui dirinya hamil dan hanya dengan her prince dia bisa berbagi kegalauannya. tapi apa yang bisa dilakukan oleh kedua anak kelas 3 sma untuk mengatasi masalah seberat ini.

tentu saja ada beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan menyangkut masalah kehamilan yang tidak diinginkan ini :

1. aborsi -> cara yang cukup umum dilakukan karena sang calon ibu bisa terbebas dari calon anaknya dan kembali menjalani masa2 remajanya tanpa harus menanggung beban sebagai orangtua.. tapi tapii.. resikonya cukup besar dan menyangkut nyawa pula karena banyak yang meninggal ketika melakukan aborsi
2. tetap melanjutkan kehamilan dan menikahi sang calon ayah -> tapi mereka berdua masih sama2 muda dan belum mempunyai penghasilan, bagaimana mereka bisa menghidupi anak mereka nanti sementara untuk hidup saja masih bergantung pada orangtua 
3. melanjutkan kehamilan dan membesarkan sang anak tanpa menikahi calon ayah -> ini juga pilihan yang berat, menjadi orangtua tunggal di usia 18 tahun?! ughh..
4. melanjutkan kehamilan tanpa menikah lalu anaknya diserahkan untuk adopsi -> tapi, mau diserahkan ke mana, dan bagaimana caranya melahirkan tanpa diketahui orang lain?

mungkin saja ada beragam opsi lainnya, tapi kirana sudah cukup dipusingkan oleh keempat pilihan yang sempat melintasi otaknya. her prince bersedia bertanggung jawab tapi kirana bersikeras sebisa mungkin tidak mengungkap identitasnya karena cowok cerdas ini harus mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan menjalani masa depannya yang cerah. bisa, ia pasti bisa mengatasi hal ini, toh sebentar lagi mereka akan lulus sekolah dan selama ini tidak ada yang menyadari perubahan tubuhnya.

sebentar lagi.. tinggal sebentar lagi rahasia ini harus disimpan, lalu kirana and her prince akan lulus sekolah, ia akan melahirkan dan mereka berdua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

sayang angan2 kirana tidak berjalan sesuai harapan. ketika mengikuti tes akhir olahraga, ia pingsan dan kehamilannya pun terkuak. ada rasa lega tidak lagi harus menanggung beban seberat itu hanya berdua saja dengan her prince, tapi bagaimana nasib mereka selanjutnya? bersediakah pihak sekolah tetap mengijinkannya menyelesaikan pendidikan yang hanya tinggal selangkah lagi? dan bagaimiana reaksi baik orangtua kirana maupun dari pihak her prince?

nah untuk kisah selengkapnya, silahkan baca sendiri teenlit "dark love" ini yaa :p

nama 'ken terate' udah cukup akrab buat gua, tapi baru kali ini gua membaca cerita yang ditulisnya, dulu gua lebih sering membaca blognya di multiply yang membagikan beragam hal sehubungan dengan menulis. bahkan ketika mewawancarai ken di tahun 2012 lalu gua belum sekalipun membaca bukunya XD

walau demikian di rumah ada beberapa bukunya ken terate yang gua belikan untuk ponakan.. sejauh ini, ponakan gua itu sukaa ama cerita2nya ken walau awalnya dia sempat enggan membacanya sambil komen, "ahh, ngga ngerti ceritanya", tapi dia paksain baca and alhasil setiap buku ken yang dia punya udah keriting di sana sini saking seringnya dibaca ulang, hahaha..

label "teenlit" mungkin termasuk salah satu faktor yang bikin gua rada males menyentuh buku2nya ken.. karena masa2 remaja itu udah lamaaa sekali gua tinggalkan, apa iya masih bisa 'relate' ama kisah yang diangkat sama buku2 yang memang target utamanya ya untuk kalangan remaja.

sampai akhirnya gua membaca2 review "dark love" yang mengangkat tema ngga 'biasa' dan ngga sekedar berisi kegalauan remaja karena cowok yang ditaksirnya ngga membalas perasaannya, jadilah gua pun mencomot buku ponakan gua dan mulai membaca nih buku.. and i love it!

gua suka cara ken merangkai kata2. selain itu, buku ini bisa jadi semacam 'warning' buat kaum remaja putri untuk ngga melakukan sex before marriage, karena seringkali kenikmatan sesaat itu harus dibayar dengan derita yang panjang XD ya syukur2 kalau cowok yang menghamili mau bertanggung jawab, orangtua bisa mengerti dan mau membantu.. bagaimana jika harus menjalani semuanya seorang diri?

gua jadi inget sama salah satu lagu jaman dulu yang gua lupa siapa yang nyanyi tapi dibilang gini..

alat kontrasepsi paling aman.. yaitu ga usah berhubungan..

iya bener, kalau ngga berhubungan badan, ya ngga hamil toh? 

4 bintang untuk "dark love" and mungkin di lain kesempatan gua akan kembali meminjam buku2 ponakan untuk membaca cerita2 ken yang lainnya :D

sabtu 14/2 (8:54 am)


new author 2015

lucky no. 15 rc 
3. something borrowed


No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~