Saturday, February 21, 2015

kelas terbang

das fliegende klassenzimmer
kelas terbang
erich kastner
gramedia, juli 1985
186 halaman


sabtu 21/2 (8:47 am)

gua rada kecele ama judulnya :p membaca judul "kelas terbang", gua pikir ada hubungannya sama, well.. terbang, hahaha XD ngga taunya 'kelas terbang'-nya sendiri adalah nama pertunjukan drama Natal yang diperankan anak2 gymnasium johann-sigismund di kirchberg.

gymnasium itu apaan sih? di bagian pendahuluan dijelaskan tentang sistem pendidikan di jerman, negara asal penulis dan tempat di mana kisah "kelas terbang" berlangsung. gymnasium adalah sekolah menengah bagi para pelajar yang selulusnya nanti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. sementara realschule juga merupakan sekolah menengah, bedanya para lulusan realschule dikhususkan untuk para remaja yang setamat sekolah ingin langsung bekerja.

nah antara pelajar2 gymnasium dan realschule ada semacam 'tradisi dendam' turun menurun di mana siswa2 kedua sekolah tersebut saling bermusuhan walau generasi sekarang tidak lagi tahu pasti apa alasan di balik permusuhan mereka. 

dalam kisah "kelas terbang", genderang perang mulai ditabuhkan ketika anak2 gymnasium merebut panji anak2 realschule dan mengembalikannya dalam keadaan sudah dirobek2. tidak terima dengan perlakuan itu, anak2 realschule kemudian membalas dengan menculik salah satu anak gymnasium yang sedang dalam perjalanan pulang. tak tanggung2, mereka mengikat dan menyiksa anak tersebut serta membakar diklat yang dibawa oleh tawanan.

anak2 gymnasium yang mendengar ada anak sekolah mereka yang diculik anak2 realschule langsung merasa 'panas' dan merencanakan untuk menyerbu, menyergap musuh mereka serta membebaskan teman mereka. namun atas usulan anti rokok yang disegani kelima pentolan gymnasium yang menjadi tokoh utama cerita ini, kedua pihak sepakat untuk berunding dan diputuskan bahwa masing2 pihak setuju mengajukan seorang di antara mereka untuk bertarung satu lawan satu. apabila anak realschule menang maka anak2 gymnasium wajib menulis surat permintaan maaf dan boleh tetap menahan teman mereka, namun bila anak2 gymnasium yang menang maka mereka harus membebaskan tawanan tanpa syarat beserta dengan diklat2nya. 

para pemimpin sepakat dan kedua petarung pun memulai aksi mereka. mattias dari gymnasium berhasil menaklukkan wawerka dari realschule namun sayangnya pihak realschule mengingkari perjanjian dan tidak mau melepaskan rudy, sang tahanan.

grrr!! piye toh akhirnya? apa rudy berhasil dibebaskan? jangan kuatir, selain kisah 'penculikan' itu, masih banyak kisah2 lain yang bisa dinikmati dalam 'kelas terbang'. mengasyikkan rasanya mengikuti kisah para siswa sekolah berasrama yang sedikit banyak mengingatkan akan serial jennings yang juga sama2 tentang kehidupan asrama. 

gua rada berharap "kelas terbang" dengan segala tokohnya itu dibikin berseri macam jennings tapi susah juga nyari info soal ini, haha.. karena di goodreads sekalipun banyak judul bukunya erich kastner yang masih dalam bahasa aslinya, yang mana mungkin aja dari buku2 tersebut ada yang merupakan kelanjutan dari 'kelas terbang' tapi gua ngga tau karena ngga ngerti artinya XD

selain mattias yang sempat disebutkan di atas, kita juga akan berkenalan dengan 4 anak lainnya yang menjadi 'tokoh utama' dalam kisah ini, mereka adalah jonathan, martin, uli dan sebastian. di samping itu kita juga akan bertemu dengan pak justus dan anti rokok. 

kenapa gua menyematkan 5 bintang untuk "kelas terbang"? karena menjelang akhir cerita, gua sukses dibikin terharu hingga meneteskan airmata akan apa yang dilakukan salah satu guru terhadap salah seorang anak yang gua sebutkan itu. 

untuk lebih jelasnya, silahkan baca sendiri dan nikmatilah kisah anak2 gymnasium. 

btw, kalian mungkin udah mengenal erich kastner lewat bukunya yang lebih terkenal dan juga pernah diterjemahkan gramedia, yaitu "lotte rangkap dua", yang juga udah dibikin versi filmnya berjudul "the parents trap" yang dibintangi oleh lindsay lohan. 

sungguh menyenangkan membaca buku2nya erich kastner, berharap gramedia akan mencetak ulang buku2 erich kastner lagi dan menerjemahkan buku2 lainnya karena apa ya.. ceritanya bagus2 dan cerita yang bagus itu selalu menyenangkan untuk dibaca dan yang menyenangkan untuk dibaca itu menyenangkan juga di hati dan bikin bahagia, hahaha..

5 bintang untuk "kelas terbang". terima kasih, gramedia, karena di satu masa dalam sejarah penerbitanmu, buku ini pernah masuk daftar buku yang dianggap layak untuk diterjemahkan dan diterbitkan :D

sabtu 21/2 (9:12 am)


lucky no15
10. opposite attract

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~