Wednesday, February 4, 2015

kira2

kira2
cynthia kadohata
gramedia, februari 2009
200 halaman


rabu 14/1 (12:02 pm)

rabu 4/2 (9:39 am)

duuhh.. kelamaan nunda ngereview nih buku, gua harap masih inget ama isi ceritanya XD

katie dan lynn adalah anak keturunan jepang yang lahir di amerika. keduanya sempat hidup di iowa sebelum orangtuanya memutuskan pindah ke georgia. hidup sebagai imigran di tahun 1950an tidaklah mudah, untuk menghidupi keluarganya, ayah mereka harus menjalani dua pekerjaan dan ibu mereka pun turut bekerja untuk membantu perekonomian keluarga, terlebih ketika anak ketiga mereka lahir yang artinya biaya hidup makin besar.


katie dan lynn amat akrab, katie menganggap lynn sebagai idolanya, kakak yang berprestasi dan mau meluangkan waktu untuk bermain dengannya. lynn yang terlebih dulu mengalami perbedaan perlakuan dari teman2 sekelasnya, membesarkan hati adiknya agar tidak perlu terlalu mengambil hati akan omongan dan perlakuan tidak mengenakkan yang mungkin akan dialaminya suatu hari nanti saat bersekolah.

kehidupan mereka yang sederhana di kalangan kaum imigran jepang lainnya mulai berubah dinamikanya ketika lynn sakit. katie tidak mengerti apa sakit yang dialami lynn, sang kakak tercinta, yang ia tahu hanyalah sang kakak tampak tidak bersemangat, tidak lagi pergi ke sekolah, dan kedua orangnya semakin sibuk bekerja demi melunasi cicilan rumah dan tagihan rumah sakit yang menggunung.

katie dengan setia 'melayani' keperluan lynn namun ada hari2 di mana ia merasa frustrasi menghadapi kelakuan lynn yang tampak berubah2 keinginannya dari waktu ke waktu dengan mood yang menyebalkan yang membuat katie merasa berada di ruangan yang sama dengan lynn terasa menyesakkan.

berhasilkah lynn bertahan hidup? silahkan membaca cerita yang 'hanya' 200 halaman ini, tidak terlalu tebal khan? :p

peringatan, apa yang akan gua tuliskan berikutnya mungkin secara tidak langsung mengandung spoiler jadi silahkan hentikan membaca di sini kalau kalian ingin mendapatkan 'kejutannya' sendiri :))

"kira2" berisi kisah sederhana mengenai keluarga. simpel namun menghangatkan hati. tidak terlalu banyak gejolak emosi dan membaca buku ini, seperti melalui perairan yang tenang sambil menikmati pemandangan di sekitar.

'rasa' ketika membaca buku ini sama seperti ketika gua membaca 'a single shard', gua pun sempat dibuat menangis di adegan yang sebenernya ngga terlalu diceritakan secara detail oleh penulisnya tapi karena perlahan namun pasti sepanjang cerita secara ngga sadar kita udah 'dijerat' untuk masuk ke dalam kehidupan keluarga takeshima, tak urung sedikit banyak apa yang dirasakan katie dan keluarganya membuat pembaca turut merasakannya.

i like this kind of books.. yang 'emosi'-nya sampai ke gua dan membuat gua turut menangis. mau ngga mau gua membandingkannya dengan kematian sirius-nya harry potter yang adegannya berlangsung cepat, tapi herannya gua sama sekali ngga merasakan sedih, hanya meringis menyadari nasib harry yang miris bener harus kembali ditinggalkan oleh orang yang disayanginya.

3 bintang untuk "kira2" and thanks to Lina yang telah meminjamkan buku ini ;)




3. something borrowed



new author 2015

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~