Friday, November 8, 2013

lima sekawan : rahasia harta karun

 five on a hike together
lima sekawan : rahasia harta karun
enid blyton
gramedia, cetakan keempat belas : agustus 2010
236 halaman


jumat 8/11 (7:54 pm)

entah mengapa, gua senaaaaaaang bangets ma kisah lima sekawan yang satu ini, i even liked the cover, huahahahahaha!! padahal beberapa waktu lalu gua sempat jenuh ama lima sekawan lhoo.. tapi setelah baca buku2 lain, entah kenapa gua seakan merasa perlu untuk 'me-recharge' semangat membaca gua dengan buku2nya enid blyton, huahahahahaha.. dan Tuhan memang baik, gua selalu saja menemukan buku2 enid yang belum pernah gua baca sebelumnya, baik melalui koleksi perpus-nya keponakan gua ataupun melalui buku2 yang gua dapatkan di berbagai obralan gramedia :D kadang gua pikir.. ada untungnya juga mempunyai ingatan yang ngga terlalu inget ama detil, hihihi.. jadi kadang pas baca2 ulang buku2 enid jaman dulu macam malory towers sekalipun, gua bisa tetap menikmatinya :))

anywayy.. mari balik ke "lima sekawan : rahasia harta karun". 

gua rasa salah satu sebab kenapa gua suka buku ini karena pembukaannya itu lain dari biasanya karena settingan kali ini adalah di sekolahnya georgina, upss.. i mean george dan anne, di mana mereka menerima surat dari julian yang mengabarkan bahwa ia dan dick, adiknya, mendapatkan libur beberapa hari yang waktunya bersamaan dengan akhir pekan panjang di sekolah anne dan george. julian mengajak kedua anak perempuan tersebut untuk melancong berjalan kaki yang langsung disambut hangat keduanya.

asyiiikkk.. ngga biasanya di semester musim dingin mereka bisa menghabiskan waktu bersama karena biasanya sekolah julian dan dick itu tidak ada liburan tengah semester. sipp bangets nihh.. walau udah masuk bulan oktober tapi cuaca masih cukup hangat. 

julian telah mempersiapkan semuanya termasuk rute yang akan mereka lalui dan di mana mereka akan menginap. tentu saja keempat anak tersebut ditemani oleh timmy, anjing setia george. sayang sekali, hobi timmy mengejar kelinci sampai dengan ke lubangnya membuatnya terjepit dan anne terpaksa harus menariknya keluar yang menyebabkan kaki timmy terkilir. di desa yang mereka kunjungi berikutnya keempat anak ini berpisah jalan. george dan julian membawa timmy ke rumah pertanian untuk mendapatkan bantuan dari pak gaston untuk mengobati timmy sementara dick dan anne meneruskan perjalanan menuju tempat penginapan mereka.

malang, di tengah jalan hujan mengguyur dengan derasnya dan kedua anak itu tersesat tanpa menyadarinya. mereka sampai di sebuah rumah yang mereka pikir adalah tempat menginap mereka. di dalam rumah tersebut hanya ada seorang wanita tua tuli yang sedang merajut. hanya anne yang diperbolehkan menginap di loteng sementara dick tidur di lumbung. 

kala tengah terlelap, dick mendengar suara2. awalnya dia pikir itu suara tikus tapi kemudian ia mendengar suara kaca diketuk, ahh.. mana mungkin tikus bisa mengetuk kaca, bukan!! dick mendekatkan diri hingga ke bawah kaca lumbung yang pecah. ia mendengar namanya disebut lalu orang itu menitipkan pesan dari nailer. bunyi pesannya aneh sekali, yaitu.. "dua pohon. air gelap. saucy jane. maggie juga tahu." lalu orang yang di luar itu melemparkan segumpal kertas melalui lubang kaca yang pecah kemudian bergegas pergi.

dick membuka kertas di tangannya dan menatap tidak mengerti garis2 serta tulisan kecil di hadapannya. ia lalu menyimpan kertas tersebut dan kembali bergelung, sesaat kemudian ia kembali tertidur dan menganggap semuanya hanya mimpi.

keesokan paginya ketika menjemput adik perempuannya, dick berhadapan dengan anak lelaki sang wanita tua yang marah2 melihat kehadirannya di rumahnya. dick dan anne lari tunggang langgang menghindari amukan amarah lelaki itu. pheeww.. untung saja orang tersebut tidak berhasil menangkap mereka! hmm.. di manakah julian dan george? keempatnya kembali bertemu di desa yang mereka singgahi sebelumnya lalu melanjutkan perjalanan. 

saat sedang duduk makan siang di tengah padang, dick baru teringat akan mimpi anehnya semalam, mimpi yang terasa begitu nyata. ketika ia merogoh saku celananya, ia menemukan kertas yang dilempar orang yang tidak dikenalnya itu. rupanya, yang semalam itu memang benar terjadi! apa arti pesan yang didengarnya itu? ternyata orang yang menyampaikan pesan adalah narapidana yang kabur dari penjara dan suara lonceng yang sempat mereka dengar itu adalah peringatan akan bahaya yang mengancam. 

mereka lalu menuju kantor polisi terdekat untuk melaporkan kesimpulan mereka tapi hanya ditanggapi sekenanya oleh polisi yang bertugas yang menganggap keempat anak itu mempermainkannya. mana ada penjahat yang serta merta memberikan pesan? ditambah lagi, narapidana yang kabur itu sudah berhasil ditangkap! polisi itu pun merobek kertas petunjuk yang didapat dick.

keempat anak ini memutuskan untuk menyelidiki sendiri petunjuk yang mereka miliki. terlebih mereka sampai pada kesimpulan bahwa napi yang kabur itu mengira dick adalah anak lelaki pemarah di rumah yang sempat ditempati anne itu! hmm.. di mana letak air gelap, dan saucy jane itu apa? lalu kertas petunjuknya itu maksudnya apa?

benar saja, di reruntuhan rumah tua di dekat air gelap, mereka bertemu muka dengan dick dan maggie, yang diduga merupakan antek dari nailer, napi yang menitipkan pesan. pasti ada harta karun tersembunyi di tempat ini! 

berhasilkah lima sekawan memecahkan kode dan menemukan lokasi tempat disimpannya harta hasil rampokan itu? lalu bagaimana dengan maggie dan dick? bagaimana kelima sekawan ini melepaskan diri dari mereka?

hohoho.. seperti biasaa.. baca sendiri donks aww biar lebih seruu :))

and beneran dhee.. ngga nyesel baca buku yang satu inii.. lima sekawan at its best, ahahahahaha.. definitely one of my fave!! ^o^

5 bintang untuk "lima sekawan : rahasia harta karun".

jumat 8/11 (8:30 pm)

6 comments:

  1. Gak suka cover yang ini >.< huhuhuhu cover yang dulu ciamik lah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. berhubung belum pernah liat cover yang lama jadi ga ada perbandingan :))

      Delete
  2. Ih enaknyaaaa reread Blyton. Pengen juga, tapi PR numpuk >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo, Wii.. baca ulang enid lagee ;) eh btw, kalau lima sekawan mah gua ngga re-read wong baru tahun ini mulai baca, ahahaha :D

      Delete
  3. di CP ada, tapi bukan yg ini. Cuma krn pergi sama nyokap, gak berani beli :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. di cp kemaren ini sempet ada banyaak enid.. mudah2an pas besok2 ke sana bakal ada enid2 lainnya ;) hihi, nyokap ngga demen baca sih ya jadi ngga 'ngerti' kenapa anaknya hobi beli buku :))

      Delete

~.thank you for coming.~