Thursday, November 28, 2013

sapta siaga : gara2 teleskop

 good old secret seven
sapta siaga : gara2 teleskop
enid blyton
gramedia, cetakan kelima : desember 2011
128 halaman


kamis 28/11 (4:35 pm)

jack mendapatkan hadiah mengasyikkan yang ingin dibaginya bersama anggota sapta siaga lainnya. pamannya menghadiahinya sebuah teleskop yang bagus sekali, sayangnya hadiah itu ditujukan untuk dirinya dan susie, adiknya, jadi mau tak mau peter sebagai ketua sapta siaga memberitahu letak kunci gudang tempat sapta siaga biasa berkumpul untuk rapat karena teleskop itu diputuskan untuk disimpan di gudang tersebut, dan siapa saja yang ingin menggunakannya bisa mengambilnya di sana asal tidak lupa mengembalikannya ke tempat semula dan mengunci kembali pintu gudang.

ohh, sungguh mengasyikkan menggunakan teleskop itu, mereka bisa melihat objek2 yang jarak sebenarnya itu jauuuh tapi melalui teleskop, seakan2 semuanya terasa dekat! suatu hari, janet, adik peter mengarahkan teleskop itu ke puri torling, puri itu sudah lama diketahui tidak lagi dihuni dan sebagai besar bangunannya itu hanya tinggal reruntuhan. yang mengejutkan janet, ia yakin sekali melihat bayangan orang di puri tersebut! ia kemudian menyampaikan penemuannya itu pada peter yang lalu mempunyai ide untuk datang menyelidiki puri tersebut bersama anggota sapta siaga lainnya.

sayangnya jack tidak bisa menyimpan rahasia dari susie yang bersama dengan binkie, teman baiknya, pergi mendahului sapta siaga ke puri tersebut dan mengecoh serta mencemooh anggota sapta siaga yang lari ketakutan ketika mendengar suara2 menyeramkan dari gudang bawah tanah di puri tersebut!

dari keterangan susie yang masuk melalui arah yang berbeda bersama binkie, ia hanya bertemu dengan seorang perempuan yang sedang melukis. saat itu memang musim turis baru saja berlalu hingga jarang sekali terlihat orang berkeliaran di puri torling. susie juga menceritakan soal teleskop pada perempuan muda itu yang sempat membuat anggota sapta siaga sebal dan mendampratnya karena menggumbar informasi yang tidak perlu pada orang asing! susie sakit hati, dengan marah ia mengambil teleskop itu dari gudang dan lupa mengunci pintunya ketika mengembalikan teleskop itu lagi.

dan yang menggegerkan, teleskop itu menghilang dari gudang sapta siaga! astagaaa.. siapa yang mengambilnya?! peter mengajak anggota lelaki sapta siaga untuk melakukan penyelidikan di malam hari. kepada adiknya ia berpesan agar memberitahu ayah mereka apabila setengah jam setelah mereka pergi, adiknya dan anak2 perempuan lainnya tidak melihat sinyal yang mereka kirimkan sebagai tanda semuanya baik2 saja.

untungnya ayah peter sigap bertindak, begitu mendengar cerita janet, ia langsung memutuskan untuk menyusul peter setelah melaporkan dulu ke pihak kepolisian mengenai kemungkinan di puri tersebut ada gerombolan pencuri lukisan. peter dan kawan2 ternyata tertangkap oleh komplotan perempuan muda yang ditemui susie dan binkie, dan rupanya orangnya pula yang mengambil teleskop dari gudang sapta siaga, sayang sekali teleskopnya tidak berhasil diselamatkan.

bagaimana selanjutnya? bisakah ayah peter menyelamatkan anaknya dan anggota sapta siaga tepat waktu? berhasilkah mereka meringkus kawanan pencuri lukisan itu? ataukah komplotan tersebut berhasil membawa kabur lukisan2 itu?

jawabannya ada di "sapta siaga : gara2 teleskop".

3 bintang untuk buku yang satu ini.

satu hal yang gua kagumi dari seri sapta siaga ini adalah dengan tebal hanya berkisar 120an halaman, kita udah bisa membaca suguhan misteri mulai dari awal hingga pemecahannya plus deskripsi yang cukup hingga kita bisa membayangkan tempat maupun adegan yang dimaksud :D

lagi2 mau ngasih jempol dhe buat enid!! ^o^

kamis 28/11 (5:23 pm)

4 comments:

  1. Sapta Siaga, Lima Sekawan, buku2 Enid yg gak pernah gue baca. Mau beli tapi jarang nemu diskonan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pinjem, Lina? gua cukup beruntung dapat lumayan banyak di diskonan, hahahaha :D

      Delete
  2. ceritanya Enid emang sangat ringan dan enak dibaca :D
    anyway, ada Kakashi di header! #salahfokus
    Aku juga suka Kakashi, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh, Zelie! dari kemaren gua lagi coba nginget2 nama gurunya naruto tuh siapa, ahahahaha.. ternyata kakashi ya! :))

      yoii.. ceritanya enid emang enak dibaca di saat apapun dan di umur berapapun :D

      Delete

~.thank you for coming.~