Wednesday, February 25, 2015

frindle

frindle
andrew clements
atheneum books for young readers
1996
105 halaman


rabu 25/2 (11:53 am)

pernah bertanya2 ngga kenapa batu disebut batu dan dieja-nya itu b-a-t-u? siapa yang pertama kali menyebutnya batu dan kenapa kata itu bisa bertahan lamaaa setelah kata itu pertama digunakan?

adalah nicholas allen, atau yang biasa dipanggil nick, siswa kelas 5 yang biasanya 'sukses' mengulur waktu pelajaran hingga jam belajar pun habis dan sang guru tidak berkesempatan memberikan pekerjaan rumah untuk kelas nick.

di kelas 5 ini, nick mendapat tantangan di kelas language art yang diajar mrs. granger, guru yang telah puluhan tahun mengajar di sekolah yang sama, yang tidak 'termakan' oleh trik-nya nick, malah 'menghadiahi'-nya laporan penelitian mengenai asal usul kata.

nick pun putar otak dan mulai mempertanyakan sesuatu sampai sebuah ide tiba2 saja muncul ketika ia sedang berjalan pulang dengan teman sekelasnya. saat itu, teman sekolahnya menemukan sebuah pen bagus yang tergeletak di jalan, lalu dipungutnya.

pen. p-e-n.

berhenti baca sampai di sini kalau niat baca sendiri bukunya, karena kalimat2 di bawah pasti mengandung spoiler, hahaha :p

kenapa benda itu disebut pen? mengapa tidak mulai menyebutnya dengan nama lain? nama seperti.. frindle?

dan kata 'frindle'-nya mewabah di sekolah nick, awalnya hanya di kalangan anak kelas lima saja, namun kemudian menyebar ke anak2 tingkat lainnya. semakin keras usaha mrs. granger melarang penggunaan kata tersebut, semakin gencar anak2 menggunakannya, walaupun sebagai hukuman mereka harus tinggal selepas jam sekolah untuk mendapatkan detensi, namun banyak yang tidak keberatan.

'frindle' bagaikan efek bola salju yang terus bergulir dan makin lama makin besar. setelah kota kecil tempat nick tinggal mulai mereda 'demam' frindle-nya, tiba2 saja 'frindle' malah me-nasional! otak bisnis salah satu penghuni kota 'terpanggil', ia mulai memproduksi pen bertuliskan 'frindle', tak henti sampai di situ,  bermunculan pula benda2 lain sehubungan dengan frindle yang membuat sang pebisnis, atas masukan pengacaranya, menghubungi ayah nick untuk meminta ijin atas penggunaan kata 'frindle' sebagai merk dagangnya agar di kemudian hari tidak terjadi tuntutan hukum.

ayah nick setuju atas pembagian 30% keuntungan dan sepuluh tahun sejak nick pertama 'menciptakan' kata 'frindl', uang hasil royaltinya sudah banyak sekali. 

kesemuanya itu 'dimulai' dari 'pertempuran' kecilnya dengan mrs. granger, woow!

bacaan yang menyenangkan dan membuat gua beneran pengen menengok kamus untuk mencari beneran ga sih kata 'frindle' secara resmi udah masuk ke dalam kamus? hahahaha XD

4 bintang untuk 'frindle', karena dari 'pen' aja bisa jadi cerita, ya amplopp.. kreatif nian nih pengarang! and *eheemm* kalau merhatiin gambar cover plus nama ilustrator-nya, berasa familiar ga siihh?

semoga gua ngga salah yee.. tapi tapii.. brian selznick itu khan yang ngarang "the invention of hugo cabret" khan ya? :D

yupp.. buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang serasa 'hidup' dan menambah keasyikan membacanya ^o^

tertarik ikutan baca? cari di toko buku terdekat :))

rabu 25/2 (11:11 am)


lucky no15 
14. one word only

1 comment:

~.thank you for coming.~